Terungkap Pelaku Pembunuhan Wanita di Hotel Hasma Jaya 2 Surabaya, Modus Ingin Kuasai Uang Korbannya - Tugujatim.id

Terungkap Pelaku Pembunuhan Wanita di Hotel Hasma Jaya 2 Surabaya, Modus Ingin Kuasai Uang Korbannya

  • Bagikan
Pelaku pembunuhan. (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)
Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep didampingi Kanit Reskrim Polrestabes Surabaya serta Kanit Reskrim Polsek Sawahan saat merilis pelaku pembunuhan di lapangan Polrestabes Surabaya, Selasa (28/06/2022). (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya akhirnya merilis pelaku pembunuhan Sofiah, 54, wanita yang tewas dengan kondisi kepala tenggelam di Hotel Hasma Jaya 2, Jalan Banyu Urip, Rabu lalu (01/06/2022). Pelaksanaan rilis dilakukan di lapangan Polrestabes Surabaya, Selasa (28/06/2022).

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep mengatakan pelaku pembunuhan ditangkap di sebuah terminal di daerah Jombang setelah kabur beberapa hari.

“Pelaku pembunuhan melakukan reservasi hotel menggunakan KTP milik korban setelah keduanya bertemu di Terminal Bungurasih Surabaya,” katanya.

Pelaku pembunuhan. (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)
Barang bukti pelaku dan korban yang diamankan Polrestabes Surabaya di lapangan Polrestabes Surabaya, Selasa (28/06/2022). (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)

Dia melanjutkan, setelah pertemuan tersebut, pelaku kemudian melakukan komunikasi dengan korban hingga meraih simpatik. Korban sempat mengatakan kepada pelaku akan menikah lagi, tapi niat tersebut dihalangi anaknya.

“Korban sempat curhat kepada pelaku akan berniat menikah lagi, tapi dihalangi anaknya. Akibat curhat tersebut, pelaku berniat ingin menikahi korban. Dari situlah korban berniat akan menikah dengan pelaku dengan menjanjikan segala urusan pernikahan di urus oleh korban dan berjanji akan memberikan uang Rp20 juta kepada pelaku,” terangnya.

Setelah berada di hotel, korban izin kepada pelaku untuk mandi. Kesempatan tersebut digunakan pelaku untuk menggasak uang milik korban yang berada di tas. Takut dikira pencuri, pelaku menyusul korban untuk melakukan pembunuhan dengan cara menyekik, memiting, dan memukul korban hingga dua giginya patah. Mirisnya, pelaku menceburkan korban ke dalam bak mandi.

Pelaku pembunuhan. (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)
Pelaku ketika digelandang menuju mobil polisi setelah rilis di lapangan Polrestabes Surabaya, Selasa (28/06/2022). (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)

“Setelah melakukan pembunuhan, pelaku mengunci mayat korban dari luar dan membuang kuncinya di Jalan Banyu Urip 1A. Pelaku kabur dengan menggunakan ojek online menuju Terminal Bungurasih dengan cara offline menuju Nganjuk Jatim,” katanya.

Untuk diketahui, ternyata pelaku merupakan residivis kejahatan, sekitar 9 kali melakukan perbuatan melawan hukum di sejumlah daerah di Jatim sejak 2003, 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, kemudian 2011, 2014, hingga sekarang 2022. Pelaku juga baru saja keluar dari penjara.

Atas perbuatannya, pelaku pembunuhan ini dijerat Pasal 338 subsider 340 KUHP dengan pidana kurangan paling lama 15 tahun penjara atau seumur hidup atau sementara selama 20 tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, perempuan bernama Sofia, 54, warga Kali Kedinding Surabaya, ditemukan tewas di kamar 42 hotel melati Hasma Jaya 2, Jalan Pasar Kembang, Kota Surabaya, Rabu siang (01/06/2022). Sofia meninggal dalam kondisi telanjang dan tertelungkup dengan setengah badan masuk ke dalam bak mandi.

Angga Albert, 27, petugas hotel yang kali pertama menemukan korban, mengatakan, mulanya dia hendak mengingatkan kepada Sofia harus checkout pada pukul 12.30. Namun, karena tidak ada jawaban dari dalam kamar dan ada bau busuk, dia mengajak temannya untuk membuka kamar dengan kunci cadangan. Tak disangka, Sofia tewas mengenaskan di dalam kamar itu.

“Saya buka pakai kunci cadangan. Kondisi mayatnya sudah tertelungkup telanjang dan setengah badan sudah basah karena masuk ke bak mandi,” ujar Angga saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan