Tips Mencari Pekerjaan Pasca-Lebaran yang Efektif - Tugujatim.id

Tips Mencari Pekerjaan Pasca-Lebaran yang Efektif

  • Bagikan
Ilustrasi pencari kerja sedang mencari lowonngan kerja via online. (Foto: Pexels)
Ilustrasi pencari kerja sedang mencari lowonngan kerja via online. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Momen setelah Idul Fitri biasanya digunakan orang untuk mencari pekerjaan. Hal tersebut disebabkan banyaknya karyawan yang melakukan resign setelah mendapat tunjangan hari raya (THR), dan kasus ini masih sangat populer di Tanah Air.

Nah, tentunya bagi kamu yang melakukan resign setelah mendapat THR, yang menjadi PR adalah kamu harus mencari pekerjaan yang baru. Kamu tentunya harus mempersiapkan segala setuatunya.

Berikut Tugu Jatim telah merangkum hal-hal yang harus kamu persiapkan jika ingin mencari pekerjaan pasca lebaran.

1. Siapkan CV dan portofolio terbaikmu

Curriculum vitae (CV) dan portofolio menjadi hal terpenting yang harus kamu persiapkan. Untuk itu, perbaiki keduanya agar nantinya perusahaan yang kamu lamar akan melihatmu menjadi pribadi yang penuh talenta dan pekerja keras. Kedua hal tersebut ibaratnya adalah senjata yang digunakan untuk mencari pekerjaan.

Ingatlah bahwa bukan kamu saja yang mencari pekerjaan, jadi pastikan kamu memiliki CV dan portofolio sebaik-baiknya.

2. Gunakan Platform Terbaik Untuk Cari Kerja

Selain melihat lowongan pekerjaan di laman resmi perusahan tersebut, kamu juga bisa mencari di platform yang menyediakan lowongan pekerjaan lainnya, seperti bergabung di grup lowongan pekerjaan telegram, mencari daftar di Instagram atau twitter.

3. Buat Daftar Perusahaan yang Ingin Dilamar

Buatlah daftar perusahaan yang ingin kamu lamar. Pastikan perusahaan tersebut sedang mencari pekerjaan pasca lebaran. Dalami informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut. daftar ini pastinya bisa memudahkanmu untuk memantau lamaran pekerjaan yang sudah dikirimkan.

Kamu bisa mulai mencari info lowongan pekerjaan dengan memeriksa website dari perusahaan. Jika memang perusahaan impianmu itu sedang membuka kesempatan kerja yang sesuai bidangmu, jangan ragu untuk segera mengirim lamaran.

4. Manfaatkan Kenalan atau Relasi

Memanfaatkan kenalan dalam mencari pekerjaan masih dianggap efektif. Adanya koneksi bisa memudahkan kita dalam mencari peluang karier yang baru. Kamu bisa menanyakan apakah ada lowongan pekerjaan yang diketahui teman atau keluargamu.

5. Jangan Menyerah, Tetap Usaha, dan Perdalam Kemampuan

Mencari kerja saat lebaran atau dimasa pandemi bukan sesuatu yang mudah. Ada banyak kandidat pencari kerja lain yang akan jadi sainganmu. Saat kamu sudah mengirim diberbagai perusahaan namun belum ada panggilan, tetaplah bersabar dan jangan putus asa. Kamu harus tetap melakukan usahamu.

Di sela-sela waktu menunggu panggilan kamu bisa mencoba melakukan aktivitas untuk mengembangkan diri. Misalnya melatih kemampuan wawancara atau upgrade skill yang dimiliki.

  • Bagikan