Tugujatim.id – Waralaba Pokémon dikenal karena banyak hal, tetapi tutorial cepat bukan salah satunya. Untungnya, meskipun banyak masalah dengan Pokémon Scarlet and Violet, termasuk kinerja keseluruhan yang buruk dan gangguan yang tidak menguntungkan, entri terbaru ini memiliki bagian tutorial terbaik di waralaba.
Pemain Pokémon Sword and Shield akan mengingat betapa Hop mengganggu alur permainan di awal permainan itu, tetapi untungnya Game Freak telah beralih dari itu.
Sebaliknya, urutan pengantar Scarlet and Violet benar-benar menyenangkan, tidak menjelaskan mekanika secara berlebihan, dan dapat diselesaikan dengan relatif cepat. Peningkatan utama dalam tutorial Scarlet and Violet adalah penghargaan game terhadap waktu pemain.

Tidak seperti banyak game Pokémon lainnya, di mana pemain sering dipaksa untuk melakukan sedikit pekerjaan sibuk seperti mencari saingan mereka sebelum diberikan pilihan starter mereka, yang diperlukan untuk diperkenalkan ke Pokémon starter di Scarlet dan Violet ialah berjalan ke bawah dan berbicara dengan Direktur Clavell.
Dari sana, pemain dapat memilih berapa lama mereka ingin berjalan-jalan dan bermain dengan starter sebelum mereka membuat keputusan. Artinya, pemain yang terburu-buru dapat bermain secepat yang mereka inginkan.
Tutorial menangkap juga ditingkatkan dari game lama di waralaba, karena pemain belajar cara menangkap dengan cepat, daripada meminta NPC mendemonstrasikannya melalui cutscene yang tidak dapat dilewati.

Di game Pokémon sebelumnya, bagian pengantar umumnya sangat berat dalam eksposisi cerita dan tutorialnya yang mengarah ke gameplay monoton dan membosankan, bahkan pada permainan pertama yang berubah menjadi garis batas yang tak tertahankan saat diputar ulang.
Tutorial Scarlet dan Violet memang memiliki beberapa cutscene eksposisi dan pembangunan dunia, tetapi kemonotonan terus-menerus dipecah dengan segmen gameplay yang menyenangkan. Misalnya, bagian di mana kotak legendaris diperkenalkan yang dimulai dengan cutscene, tetapi dengan cepat beralih ke bagian gameplay yang melibatkan penjelajahan goa.
Setelah dasar-dasar absolut dari game ini dijelaskan, pemain disuruh pergi ke sekolah untuk melanjutkan cerita utama, tetapi ada area yang sangat luas di depan sekolah yang dapat dijelajahi pemain sesuka mereka, dengan lusinan spesies Pokémon yang berbeda, untuk menemukan dan menangkap.
Game ini ingin pemainnya terus-menerus bersenang-senang sejak awal dan ini membutuhkan pengantar yang biasanya membosankan untuk mewujudkannya.
Contoh bagus lainnya dari tutorial dan keseimbangan gameplay Scarlet dan Violet datang dengan Pokémon Centers. Beberapa kali pertama pemain menyembuhkan Pokemon mereka, perawat akan memberi mereka tip bermanfaat tentang mekanisme, kontrol, atau menu permainan.
Tutorial ini tidak semuanya diberikan sekaligus, yang akan menjadi rentetan teks yang mana mereka secara alami diberikan kepada pemain sedikit demi sedikit. Setiap orang pada akhirnya harus menggunakan Pokémon Center, jadi pendekatan bertahap ini merupakan tambahan yang bagus.
Begitu pemain akhirnya sampai di sekolah, banyak tutorial dasar dimasukkan ke dalam kelas yang sepenuhnya opsional untuk dihadiri.
Secara umum, tutorial Scarlet dan Violet secara mengejutkan cukup segar untuk seri ini, menggantikan kecepatan lambat dan penjelasan berlebihan dari permainan tersebut sambil tetap memberi pemain baru, terutama anak-anak kecil, informasi yang mereka butuhkan untuk memulai perjalanan Pokémon mereka.