Kaget Ular Piton Sembunyi di Kandang Bebek, Warga Tuban Lapor Petugas Damkar

Ular piton.
Petugas damkar mengevakuasi seekor ular piton di atap kandang bebek di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban. (Foto: dok. Damkar Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Seekor ular piton sembunyi di balik atap kandang bebek di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban, Jatim, Minggu pagi (22/01/2023). Hewan melata ini ditemukan kali pertama oleh pemilik kandang bernama Abdul Wahid.

Awalnya dia akan melihat kondisi unggasnya. Saat menengok ke atas kandang, betapa kaget dia melihat seekor ular sepanjang tiga meter sedang nangkring. Khawatir diserang hewan ini, dia melaporkannya ke petugas damkar.

“Kami mendapatkan laporan Pak RT untuk evakuasi ular piton yang berada di dalam kandang bebek milik warganya,” ujar Kabid Damkar Tuban Sutaji kepada Tugu Jatim, Senin (23/01/2023).

Dia menambahkan, saat proses evakuasi petugas sempat dililit ular sanca ini. Dengan kesigapan petugas, mereka berhasil mengevakuasi.

Akhirnya hewan yang sebaran hidupnya di negara Asia, Afrika, maupun Australia ini bisa dijinakkan dengan memasukannya ke dalam karung.

“Alhamdulillah, ular piton sudah dievakuasi dan kami bawa ke mako,” terangnya.