MALANG, Tugujatim.id – Tugu Media Group menggelar Workshop Jurnalistik untuk Humas Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), di Kantor Tugu Media Group, Kota Malang, Jawa Timur, pada Senin (19/6/2023).
Workshop ini membahas bagaimana memaksimalkan konten humas kampus yang secara khusus diselenggarakan bagi klien Tugu Media Group, menindaklanjuti permintaan Unikama.
Acara ini juga menjadi kelanjutan silaturahmi dengan media dari kerja sama pemberitaan dan branding antara Tugu Media Group dan Unikama yang dikenal sebagai kampus multikultural.
Workshop itu dihadiri seluruh staf humas Unikama dengan Pimpinan Redaksi (Pimred) Tugu Media Group dan General Manager (GM) tugujatim.id sebagai pemateri.
Kepala Bagian Humas Unikama, Fahmi Arif Zakaria SH MHum menyampaikan bahwa timnya yang ada saat ini memang memiliki pekerjaan yang banyak. “Mulai dari website sampai media sosial, termasuk milik fakultas,” jelasnya.
Ia berterima kasih atas pelaksanaan workshop ini dan berharap Unikama bisa mendapat banyak masukan dari Tugu Media Group. “Sehingga dapat meningkatkan kinerja tenaga bidang humas,” ucapnya.
Cara Produksi Berita yang Menarik
Pimred Tugu Media Group, Herlianto A menyampaikan materi terkait pemilihan topik dan dasar-dasar jurnalistik yan penting untuk diketahui. Beberapa di antaranya yakni bagaimana melakukan observasi, wawancara dan pengumpulan data, hingga cara menulisnya.
“Kita juga bisa menjadikan tokoh dan akademisi di kampus sebagai sumber dan ide berita karena dapat merujuk pada kepakaran,” jelasnya. Hal ini, menurut Herlianto, juga bisa dijadikan alternatif bagi humas kampus memproduksi konten berita.
Ketika kampus tidak ada acara atau seminar, Herlianto menyarankan kampus dapat mengikuti wacana dan isu yang berkembang di masyarakat dan dikaitkan dengan pendapat akademisi.
Dia juga mencontohkan bagaimana susunan penulisan yang menarik bagi pembaca, mulai dari lead, isi berita, hingga penutup.
Staf Humas Unikama, Ardi bertanya bagaimana menjaga keberimbangan isi berita bagi humas kampus.
Herlianto memberi solusi dan menitikberatkan pada wawancara dan kutipan langsung sehingga saat ada berita negatif yang muncul bisa terverifikasi dan tidak menjadi isu liar.
Manajemen Jurnalis Kehumasan Kampus

Materi sesi dua kemudian dibawakan oleh GM Tugujatim.id, Bayu Eka Novanta dengan materi manajemen media humas.
Ia menjelaskan bahwa tujuan manajerial media ini adalah bagaimana kampus membangun kepercayaan masyarakat lewat bidang humas kampus.
Bayu menyampaikan ada dua hal yang bisa dilakukan humas kampus dalam menyebarkan informasi tentang kampus lewat media lokal.
Pertama adalah membangun komunitas jurnalis bagi humas. “Jadi kita harus tau berita-berita apa yang bisa diliput,” jelasnya.
Selain itu, kampus juga bisa menaikkan citranya di masyarakat dengan menanggapi isu di masyarakat dari sisi akademik. Juga ada sisi kedekatan yang bisa dibangun dari materi dan konten humas kampus yang menarik.
Bayu menitikberatkan pada perwajahan kampus, mulai dari berita, desain, dan foto. Menurutnya, karya foto yang dihasilkan oleh humas kampus harus bisa bercerita. “Yang paling penting adalah pesan apa yang ingin kita sampaikan,” jelas Bayu.
Beberapa hal yang disinggung yakni misal foto dalam acara. “Harus bisa menggambarkan apa yang menarik dari acara tersebut lewat foto,” tambahnya.
Ia juga memberi tips bagaimana humas kampus bisa bekerja maksimal dengan menyiapkan materi dan jadwal konten.