Wow! Harga Hingga Jutaan Rupiah, Berikut 5 Kopi Termahal di Dunia

Wow! Harga Hingga Jutaan Rupiah, Berikut 5 Kopi Termahal di Dunia

  • Bagikan
Biji kopi pilihan/ tugu jatim
Biji kopi pilihan. (Foto: Pexels)

Tugujatim.idHei para pengopi sekalian, Anda boleh bilang sebagai penggemar kopi, tapi apakah sudah pernah mencoba lima kopi termahal dunia ini? Kalau belum, silahkan cek daftarnya berikut ini. Bagi yang sudah mengantongi gocek yang cukup bisa segera nyeruput kopi ini, tapi bagi yang belum bersabar dulu sambil menabung.

Dilansir dari The Manual, berikut lima jenis kopi termahal dunia, harganya mencapai jutaan rupiah.

1. Kopi Molokai (Hawaii)

Kopi Molokai/tugu jatim
Kopi Molokai. (Foto: Pinterest)

Kopi ini berasal dari pulau kecil bernama Molokai di Hawaii. Mulai dikenalkan oleh pedagang Jerman pada pertengahan tahun 1800-an. Kopi Molokai sampai saat ini masih terus dikembangkan, biasanya tumbuh subur di tanah vulkanik Hawaii.

Terkait rasa, cenderung memberikan cita rasa yang cukup kuat. Apabila Anda menemukan “Molokai Prime” pada label kopi Anda, itu artinya Anda mendapatkan kopi yang sangat berkualitas. Sementara harganya mencapai Rp 1.740.000 Per Kilogram

2. Finca El Injerto (Guatemala)

Kopi Finca El Injerto/ tugu jatim
Kopi Finca El Injerto. (Foto: Pinterest)

Kopi asal Guatemala ini berkembang baik pada ketinggian lebih dari 5.500 kaki di atas permukaan laut. Finca El Injerto dikenal mahal karena bijinya sangat langka. Kopi ini dibandrol Rp 14.500.000 per kilogram

3. Saint Helena (Atlantik Selatan)

Kopi Saint Helena/ tugu jatim
Kopi Saint Helena. (Foto: Pinterest)

Nama kopi ini diambil dari tempat tumbuhnya yaitu di pulau kecil Saint Helena, Atlantik Selatan. Jenis kopi ini termasuk langka namun didambakan oleh para penggemar kopi.

Awalnya kopi Saint Helena dibawa dari Yaman, tepatnya dari kota pelabuhan atau dikenal sebagai Mocha. Bijinya sulit tumbuh namun dicintai karena kelezatannya.

Pada tahun 2016, brand kopi kenamaan, Starbucks, sempat mengegerkan dunia karena membuat kopi dari biji Saint Helena. Kopi ini dibandrol Rp 4.205.000 Per Kilogram

4. Kopi Luwak (Indonesia)

Kopi Luwak/tugu jatim
Kopi Luwak. (Foto: Pinterest)

Indonesia patut bangga karena kopi termahal selanjutnya berasal dari Indonesia, yaitu kopi Luwak. Kopi ini dihasilkan dari fermentasi pada proses pencernaan luwak, kucing asli hutan tropis.

Selain penyesuaian kimiawi yang terjadi pada perut luwak, juga dipercaya bahwa luwak memiliki penciuman yang baik karenanya hanya memakan biji-bijian terbaik dari kelompoknya.

Namun, Anda perlu berhati-hati karena saat ini banyak sekali penjual kopi luwak yang melakukan penipuan. Mereka menggunakan spesies hewan lain untuk secangkir kopi yang istimewa itu. Kopi luwak dijual seharga Rp 17.397.000 Per Kilogram.

5. Black Ivory (Thailand)

Kopi Black Ivory/tugu jatim
Kopi Black Ivory. (Foto: Pinterest)

Sesuatu yang berhubungan dengan “gading” tentunya memiliki harga yang mahal. Sama halnya dengan kopi asal Thailand satu ini. Seperti kebanyakan kopi mewah lain, proses pengolahan kopi ini tidak terlalu menggugah selera.

Biji kopi ini melewati saluran pencernaan gajah, di mana enzim-enzim didalamnya daktifkan dan menghasilkan biji kopi yang sangat halus dan beraroma. Bagaimanapun, kopi ini menjadi kopi paling mahal di dunia, harganya Rp 42.491.000 Per Kilogram.

Nah, itu dia beberapa kopi termahal yang ada di dunia. Sebagai coffee lovers, apakah Anda siap merasakan keistimewaan kopi-kopi mewah ini?

  • Bagikan