10 Dampak Buruk Kekurangan Air Putih Bagi Tubuh

10 Dampak Buruk Kekurangan Air Putih Bagi Tubuh

  • Bagikan
Segelas air putih yang diminum secara rutin menyehatkan tubuh dan kulit/tugu jatim
Segelas air putih yang diminum secara rutin menyehatkan tubuh dan kulit. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Untuk memiliki tubuh ideal dan kulit sehat sebetulnya tidak mahal dan tidak sulit. Kita hanya cukup membiasakan diri rutin mengkonsumsi air putih secukupnya.

Banyak yang mengetahui bahwa air mengisi tiga per empat tubuh manusia. Menjaga tubuh agar terdehidrasi cukup itu lebih penting daripada mengkonsumsi makanan agar selalu merasa kenyang.

Namun, tidak banyak mengetahui prinsip dan kunci kesehatan ini. Kekurangan air itu sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Berikut 10 dampak buruk yang ditimbulkan, dilansir dari EatingWell.

1. Energi Melemah

Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh akan memberikan sinyal rasa lelah yang cepat muncul. Jika saat pagi atau siang kebutuhan mineral masih belum tercukupi, kamu akan kesulitan untuk melanjutkan aktivitas pada kegiatan selanjutnya.

2. Mental Fog (Kabut Mental)

Kabut mental adalah kondisi di mana seseorang merasa mudah bingung, lelah, mengantuk serta sulit fokus pada hal yang dipikirkan. Padahal, otak kita membutuhkan sekitar 80 persen air. Dalam jurnal Nutrients dikatakan bahwa menjaga kebutuhan air dapat meningkatkan kinerja otak dalam jangka waktu yang lama.

3. Beresiko Tinggi Terkena Stroke

Menurut Cardiovaskular Disorders, tidak minum cukup air dan mengalami dehidrasi akan meningkatkan resiko stroke dan memperpanjang waktu pemulihan. Minum cukup air juga akan membantu menjaga kondisi jantung tetap sehat. Tanda kekurangan minum air adalah air seni berwarna kuning atau Anda merasa lemah hingga ingin pingsan.

4. Suasana Hati Tidak Stabil

Dua penelitian yang dilakukan oleh Universitas Connecticut melalui serangkaian tes kognitif mengatakan bahwa pria dan wanita akan mudah tersinggung, bad mood, ngantuk, bahkan sakit kepala saat sedang dehidrasi.

5. Makan Berlebihan

Saat rasa lapar dan haus datang bersamaan, akan lebih baik kita mengobati langsung rasa haus. Seperti yang dikatakan dalam jurnal Clinical Nutritions tahun 2018, air akan memberi isyarat lapar dan nafsu makan.

6. Metabolisme Rendah

Saat tubuh merasa haus, otomatis metabolisme dalam tubuh merendah. Dalam Journal of Endocrinology and Metabolism, 17 ons air atau setara dengan dua gelas akan menaikkan 30 persen metabolisme dalam tubuh.

7. Sakit Kepala

Karena otak membutuhkan air, apabila kita sedikit melewatkannya akan menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Juga minumlah air putih dahulu sebelum minum obat. Sakit kepala ini mungkin akan hilang sendirinya tanpa harus dilakukan tindakan serius.

8. Kulit Kering

Kulit butuh terdehidrasi agar terlihat lembab dan awet muda. Minum air sedikit akan membuat kulit wajah alami tanda penuaan seperti keriput, terkelupas, dan tidak segar. Itulah mengapa orang-orang membutuhkan perawatan untuk mendehidrasi kulitnya agar tetap lembab dan segar.

9. Olahraga Menjadi Lebih Lemah

Dalam sebuah penelitian di Physiological Reports, olahraga mungkin mengurangi air, dan tubuh Anda mungkin tidak membakar banyak lemak. Karena berkeringat saat olahraga  menghilangkan air dan elektrolit dalam tubuh.

10. Menambah Berat Badan

Kenaikan berat badan sedikit sepertinya tidak akan menimbulkan masalah yang serius. Namun, bila peningkatan itu terjadi terus menerus terutama di daerah perut akan mengundang kita pada penyakit diabetes, jantung, dan lain sebagainya. Maka dari itu, minum air akan membantu menurunkan berat badan dan retensi air.

  • Bagikan