3 Fakta Kertas Ganteng dan Cantik Andalan Kpopers

3 Fakta Kertas Ganteng dan Cantik Andalan Kpopers

  • Bagikan
Photocard atau yang biasa disebut kertas ganteng dan cantik.
Photocard atau yang biasa disebut kertas ganteng dan cantik. (Foto: Andrea Resha Z)

Tugujatim.idKertas ganteng dan cantik adalah sebutan bagi photocard atau foto selfie yang dilakukan oleh anggota boy atau girl group yang berasal dari Korea Selatan. Foto itu dicetak seperti kartu. Sebutan itu sendiri diberikan oleh Kpopers.

Photocard bisa didapatkan ketika boy atau girl group mengeluarkan single terbaru mereka lewat album serta merchandise. Atau, biasanya para idol Korea melakukan kolaborasi dengan brand ternama dan menjadikan mereka sebagai ambasadornya.

Hal ini bisa dikatakan sebagai trik marketing dari brand tersebut agar menarik perhatian para fans untuk membeli produknya dan memberikan photocard sebagai bonusnya.

Sering kali banyak yang mengatakan bahwa mengkoleksi photocard adalah hal yang aneh dan membuang-buang uang. Tetapi bagi kpopers, hal tersebut merupakan kesenangan tersendiri. Berikut ini adalah fakta mengenai photocard itu.

1. Harganya mahal

Para kpopers mengkoleksi photocard melalui album dan merchandise yang dibelinya. Bisanya didapatkan secara random dan berjumlah satu dari banyaknya member idol. Sering kali Kpopers juga menjual belikan photocard yang didapatkannya.

Bahkan dijual dengan harga yang cukup mahal jika photocard tersebut terbilang langka dan susah untuk ditemui, posenya yang unik, dan merupakan visual dari boy atau girl group tersebut.

Korea selatan sangat terkenal akan beauty standart, karena itu kenapa visual idol dapat meningkatkan value dari sebuah photocard. Tidak heran jika photocard visual idol harganya sangatlah mahal bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Seringkali harga photocard menjadi kontroversi karena harga yang ditawarkan tidak wajar, namun bagi para kpopers itu adalah hal biasa.

2. Tidak boleh sampai rusak

Perjuangan mendapatkan sebuah photocard tidaklah mudah. Mereka rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Oleh karena itu, mereka sangat memperhatikan dengan baik photocard tersebut dengan menyimpannya kedalam sebuah binder.

Di mana jika photocard tersebut rusak, tergores, maupun terlipat maka harga jual photocard tersebut bisa turun drastis.

Bahkan ketika melakukan transaksi jual beli photocard, Kpopers akan melakukan packaging dengan sangat rapi dan aman layaknya barang pecah belah. Semakin mahal photocard, maka semakin safety packagingnya.

3. Bisa untuk naikin mood

Jika sedang merasa sedih, marah, atau mood sedang jelek biasanya Kpopers melampiaskan dengan membuka album serta membuka koleksi photocardnya. Hanya dengan melihat wajah idolnya, mereka bisa tersenyum kembali.

Bisa dikatakan bahwa para idol ini menjadi support system bagi Kpopers. Memang terkadang terlihat aneh dan tidak wajar, namun kebahagiaan tersendiri itu hanya Kpopers yang tahu.

Mungkin bagi mereka yang bukan kpopers, mengumpulkan photocard adalah hal yang aneh dan tidak wajar. Namun mereka juga tidak punya hak untuk menjudge apa yang dilakukan para Kpopers. Karena dengan mengkoleksi photocard tersebut, mereka rela mengeluarkan banyak uang membeli foto kecil tersebut.

Mengkoleksi photocard sebetulnya sama saja dengan pengoleksi barang yang lain, hanya saja memiliki perbedaan benda apa yang dikoleksinya. Karena setiap orang pasti memiliki hobi mengoleksi barang sesuai keinginannya masing-masing.

  • Bagikan