Tugujatim.id – Kamu wajib banget melakukan persiapan sebelum proses peluncuran bisnis barumu. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menganalisis potensi penetrasi pasar. Apa manfaatnya?
Tidak hanya terkait dengan internal perusahaan, kamu perlu memperhatikan sisi eksternalnya. Penyusunan strategi diperlukan dalam upaya memperkuat posisi bisnis kita, salah satunya lewat penetrasi pasar.
Untuk diketahui, penetrasi pasar jadi cara yang digunakan untuk melihat potensi seberapa banyak produk kamu dapat digunakan konsumen jika dibandingkan dengan total prediksi pasar dari produk yang ditawarkan. Dari angka yang dihasilkan, kamu dapat mengetahui potensinya sebelum memasuki pasar tersebut.
Karena pada dasarnya sebelum masuk di industri yang dituju, kamu perlu mengetahui kemampuan bisnis untuk mengimbangi pasar yang ada. Cara ini dapat pula digunakan dalam upaya perluasan bisnis apabila usahamu sedang dalam upaya pengembangan.
Pengukuran penetrasi pasar perlu dilakukan setiap kali akan melakukan pemasaran. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah ada perkembangan atau penurunan pada potensi pasar. Untuk menghitungnya, kamu bisa menggunakan rumus:
(jumlah konsumen/total perkiraan pasar) X 100 = persentase penetrasi pasar.
Dengan upaya ini, kamu melihat potensi pasar secara tidak langsung akan mendapatkan beberapa manfaat. Apa saja?
1. Meningkatkan Keuntungan
Apabila penerapan strategi penetrasi pasar dilakukan secara tepat, maka produk yang dipasarkan akan mudah ditemukan pelanggan. Dengan kata lain, produk kita sudah dipasarkan secara tepat sasaran sesuai segmentasi yang ditentukan. Sehingga akan tercapai peningkatan keuntungan sesuai yang diharapkan.
2. Meningkatkan Brand Positioning
Biasanya bisnis pendatang baru akan sulit dalam menghadapi perusahaan dengan merk besar. Persaingan dalam penetapan harga dengan merk besar menjadi tantangan yang harus dihadapi.
Namun dengan strategi penetrasi yang tepat, meski harga yang ditawarkan lebih tinggi tetapi mampu memosisikan merk secara efektif, maka hambatan ini tidak akan jadi masalah.
3. Meningkatkan Ekuitas Merk
Dengan strategi penetrasi pasar yang rinci akan membantu meningkatkan ekuitas merk yang tentunya akan dapat meningkatkan nilai perusahaan itu sendiri. Selain memudahkan bisnis dalam memperluas pasar mereka, ekuitas merk nantinya akan membantu dalam memasang harga yang lebih tinggi dibandingkan para pesaing.
Dengan melakukan pengukuran penetrasi pasar nantinya akan membantu kita sebagai bisnis baru untuk melihat potensi pasar sebelum mengikuti kompetisi bisnis di industri yang sama. Manfaat yang kita dapatkan juga akan menguntungkan kita sebagai perusahaan baru. Untuk kamu yang memiliki bisnis yang sedang berjalan, strategi ini juga cocok untuk kamu jika ingin melakukan perluasan usaha.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id
Writer : Iqmalia Bella Fortuna Toshi/Magang
Editor: Dwi Lindawati