32 Ribu Pelajar di Kota Pasuruan Dapat Dua Pasang Seragam Baru secara Gratis pada 2022 - Tugujatim.id

32 Ribu Pelajar di Kota Pasuruan Dapat Dua Pasang Seragam Baru secara Gratis pada 2022

  • Bagikan
(Foto: Disdikbud Kota Pasuruan/Tugu Jatim)
Tumpukan kain seragam baru siap dibagikan secara gratis ke ribuan pelajar di Kota Pasuruan. (Foto: Disdikbud Kota Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Memasuki tahun baru 2022, ribuan pelajar di Kota Pasuruan bakal dapat seragam baru.
Seragam itu akan dibagikan secara gratis dari Pemkot Pasuruan dan didistribusikan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pasuruan.

Kepala Disdikbud Kota Pasuruan Mualif Arif mengatakan, seragam baru gratis itu dibagikan kepada 32 ribu siswa mulai tingkat SD, MI negeri dan swasta, SMP, MTs negeri dan swasta.

“Kainnya sudah mulai kami distribusikan ke setiap sekolah. Untuk pembagian seragam baru itu masih nunggu instruksi karena akan dibagikan serentak. Insyaa Allah minggu ini sudah diberikan ke siswa,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Ayik ini, setiap siswa akan dapat dua pasang kain seragam beserta uang untuk ongkos jahitnya. Untuk murid SD dan MI, akan dapat kain merah putih dan pramuka. Sedangkan murid SMP dan MTs akan dapat kain biru putih dan pramuka.

“Satu murid dapat 2 kain seragam plus ongkos jahit, merah putih dan pramuka untuk SD sederajat, biru putih dan pramuka untuk yang SMP sederajat,” imbuhnya.

Ayik menjabarkan, berdasarkan perhitungannya, ongkos jahit satu pasang seragam menghabiskan biaya sekitar Rp 75 ribu. Karena itu, Disdikbud Kota Pasuruan menyiapkan dana Rp 150 ribu per siswa. Ongkos jahit tersebut bisa dicairkan lewat rekening tabungan Bank Jatim yang akan dibuatkan per siswa.

“Ongkos jahitnya nanti per siswa dapat Rp 150 ribu. Kami sudah kerja sama dengan Bank Jatim, nanti tiap siswa dapat buku tabungan Bank Jatim yang sudah diisi saldo yang bisa dicairkan untuk menjahit kain seragam tersebut,” ujarnya.

  • Bagikan