Tips  

4 Cara Menemukan Passion Anda

Arief Suditomo, News Director & Director in Chief Metro TV
Arief Suditomo, News Director & Director in Chief Metro TV. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Persaingan generasi Z semakin ketat, di mana pemuda berlomba-lomba menemukan jati dirinya. Dibalik itu, banyak orang yang masih salah jalan saat berusaha menemukan passionnya. Nah, untuk itu Arief Suditomo, News Director & Director in Chief Metro TV, berbagi cara menemukan passion.

Pria bernama lengkap Mohammad Arief Sapi’ie Suditomo itu menjelaskan seberapa penting passion? Menurutnya, passionlah yang menyulut gairah manusia untuk mencapai tujuan di masa depan.

“Passion seperti bahan bakar untuk mencapai apapun yang ingin dicapai,” ujarnya.

Bagi pria yang akrab disapa Arief ini, tidak ada kata terlambat untuk menemukan passion. Pada usia berapapun seseotang bisa menemukan passionnya.

“Saya menemukan passion di umur 22 tahun,” ujarnya.

Melalui talkshow Mengejar Prestasi Gak Cuma Sensasi yang digelar di Harris Hotel & Convention Malang pada (25/7/22) lalu, pria berusia 53 tahun ini memaparkan 4 cara menemukan passion.

1. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Untuk menemukan passion, seseorang perlu berdialog pada diri sendiri. Setiap pribadi memerlukan waktu untuk bertanya pada diri sendiri apa yang dimau.

“Jika hanya menggunakan akal, pikiran, yang ada hanya mendapatkan perbandingan cost and benefit, pro and contra,” ungkapnya.

2. Sikap jujur

Kadangkala lingkungan mendesak seseorang untuk menjadi A namun keinginannya ada di B. Saat itulah perlu jujur dan dengarkan nurani.

“Karena pada jiwa yang tergelap sekalipun, nurani kita tahu mana yang baik untuk kita,” ungkapnya.

3. Hadapi tantangan

Jumlah anak muda sekarang jauh lebih banyak. Tentu saja persaingan akan lebih sulit. Dewasa ini banyak anak muda yang termakan oleh instant gratification, sebuah mentalitas di mana mendapatkan sesuatu yang lebih cepat tentu saja menggiurkan. Itu adalah salah satu tantangan yang harus bisa dihadapi.

4. Passion itu adalah hal baik

Hal terakhir yang ingin dia share adalah bahwa passion itu adalah hal baik. Pastikan sesuatu yang dilakukan membawa getaran positif untuk orang di sekitarnya. Ini supaya orang lain bisa merasakan positifnya passion.

Empat hal di atas berkesinambungan satu sama lain. Jika lingkungan tidak setuju komunikasikan pada diri sendiri, cari jalan keluar.

“Pastikan kalian berjalan dengan passion, agar kalian bermartabat dikemudian hari,” tukas Arief Suditomo pada presentasinya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim