4 Kesalahan yang Bisa Bikin Rambut Rusak

  • Bagikan
Ilustrasi rambut kering dan rusak karena kesalahan-kesalahan yang sederhana. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi rambut kering dan rusak karena kesalahan-kesalahan yang sederhana. (Foto: Pixabay)

Tugujatim,id – Bagi semua orang rambut adalah mahkota, penampilan akan lebih maksimal juga kita mempunyai rambut yang indah. Rambut juga berperan sebagai pelindung kulit kepala dari panas dan dinginnya cuaca. Maka dari itu menjaga dan merawat rambut juga harus diperhatikan. Permasalahan rambut tidak hanya menyerang perempuan tetapi juga bisa menyerang laki-laki. Kerusakan rambut yang sering dialami adalah seperti rambut rontok rambut rusak kering, hal itu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Melansir dari CNA, berikut adalah beberapa penyebab rambut seseorang mengalami kerusakan dan tips mengatasinya:

1. Malas Keramas

“Sampo membantu membersihkan kulit kepala dari selbum dan racun. Jika Anda tidak mencuci selbum di kulit kepala, itu dapat mengumpulkan sekitar follikel pada rambut Anda yang akan merusak gunting di sekitar akar rambut, yang melakukan pekerjaan penting dari mengangkut setiap tali rambut ke kulit kepala. Cuci rambut dan kulit kepala terlalu jarang juga dapat menyebabkan gatal dan inflamasi kulit kepala, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rambut rontok,” ujar ahli trikologi, Leonica Kei mengatakan.

Seberapa sering kita harus mencuci rambut kita kemudian? Ini benar-benar tergantung pada kulit kepala dan kondisi rambut. Kamu mungkin perlu shampoo lebih sering jika kamu memiliki kulit kepala berminyak atau ketika cuaca panas. Jika kulit kepala cenderung kering kamu bisa keramas 2 hari sekali. Jika rambut kamu kering, mungkin kamu harus melihat produk pengobatan untuk rambut, bukannya menahan pembersihan. Penggunaan sampo kering dimaksudkan sebagai perbaikan sementara dan bukan sebagai pengganti sampo yang sebenarnya.

2. Penggunaan Conditioner pada Kulit Kepala

Kamu harus tahu, revitalisasi atau penggunaan conditioner hanya harus diterapkan pada poros rambut dan tidak pada kulit kepala atau di dekat akar rambut. Tidak boleh diperlakukan sebagai “moisturiser” untuk kulit kepala, yang beberapa orang dengan gandu mungkin cenderung lakukan.

Bahkan jika kamu mencuci dengan kurang bersih, itu akan meninggalkan residu di kulit kepala kamu. Kei menjelaskan bahwa melakukan itu tidak akan menyebabkan langsung kehilangan rambut, tetapi akan menyebabkan irritasi kulit kepala, yang dapat menyebabkan penggilingan rambut.

3. Terlalu Sering Menyisir Rambut

Kei mengatakan bahwa pencucian rambut tidak harus dilakukan di luar apa yang diperlukan untuk penata rambut, karena tindakan pencucian dapat menyebabkan patah, terutama di rambut kering, keriting atau permeted.

Tapi selain itu, Menyisir rambut telalu sering juga dapat menyebabkan abrasi dan irritasi kulit kepala, terutama jika sosir yang digunakan memiliki kualitas yang buruk. Kamu mungkin telah membaca atau mendengar bahwa itu baik untuk kulit kepala kamu secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan pertumbuhan rambut. Kei, bagaimanapun, mengatakan ada cara lain untuk mencapai stimulasi kulit kepala daripada sikat, karena berlebihan itu cenderung menyebabkan patah rambut dan dapat menyebabkan rugi rambut juga. Kamu bisa menyisir rambut 2 kali sehari agar tidak merusak rambut.

4. Mengikat Rambut

Mengikat rambutmu seperti ekor kuda ketat atau updo dan mengikatnya terlalu sering menyebabkan trauma mekanik yang akan melemahkan akar rambut.

“Kondisi tarik alopecia adalah kondisi kehilangan rambut disebabkan oleh menarik rambut konstan. Bahkan, banyak balerina dan penari profesional, yang terus-menerus harus mengikat rambut mereka ketat ketika berlatih atau tampil, mengalami hal ini. Dalam kasus ekstrim, beberapa bahkan mulai memiliki garis rambut turun meskipun mereka masih sangat muda,” tambah Kei.

Hal ini dapat diatasi dan dihindari. cara termudah adalah mencari aksesoris rambut dan dasi yang dapat membantu kamu menjaga updo tanpa menambahkan tekanan pada kulit kepala. Ketika mengikat ekor kuda, usahakan ikat rambut lebih rendah di belakang kepala itu akan membantu mengurangi tarikan pada rambut sepanjang garis rambut depan, juga. Jika tidak diperlukan biarkan rambut terurai agar rambut dan kulit kepala bisa bernafas.

Nah berikut tips agar rambut kamu tidak rusak, jadi rubah kebiasaanmu jika kamu masih melakukan hal diatas agar rambutmu sehat.

Penulis: Kholifa Tul IslamiahEditor: Gigih Mazda
  • Bagikan