9 Ilmu Parenting yang Bisa Ditiru dari Reality Show Korea “The Return of Superman”

  • Bagikan
Mencontek pola asuh keluarga Korea melalui reality show The Return of Superman. (Foto: via Pinterest) tugu jatim parenting
Mencontek pola asuh keluarga Korea melalui reality show The Return of Superman. (Foto: via Pinterest)

Tugujatim.id – Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan tingkah lucu William-Bentley, Yoon Trio, dan keluarga lain dalam program televisi “The Return of Superman”. The Return of Superman atau TROS merupakan reality show Korea Selatan yang ditayangkan di saluran KBS2 setiap akhir pekan.

Tayangan ini menampilkan tingkah lucu ayah dan anak-anak yang menghabiskan waktu selama 48 jam tanpa kehadiran sosok ibu. Pada acara tersebut, sang ibu memang sengaja tidak dilibatkan, sehingga penonton dapat melihat hubungan antara para ayah dan anak-anaknya.

Tak hanya menghibur dan mengundang tawa, ternyata ada banyak sekali ilmu parenting yang dapat diambil, lho. Yuk, simak penjelasannya!

1. Mengajarkan Etika dan Sosialisasi Sejak Dini

Dalam berbagai episode, TROS menampilkan kegiatan di luar rumah atau mendatangkan bintang tamu ke rumah. Salah satu tujuannya adalah untuk mengajari anak bersosialisasi dan menanamkan nilai-nilai etika.

Kemampuan sosialisasi anak dapat berkembang dengan baik jika orang tua mengajak anak-anak pergi ke luar rumah dan melibatkan mereka dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Dengan begitu, orang tua secara tidak langsung dapat mengajari etika sederhana seperti mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dan tolong kepada anak-anak mereka.

2. Melatih Kemandirian

Melatih kemandirian anak sejak kecil memang sangat penting. Seperti yang diterapkan oleh para ayah di TROS. Mereka menanamkan kemandirian pada anak-anak mereka sejak kecil. Contohnya dalam hal makan. Mereka membiar anak-anak mereka makan sendiri, meskipun berantakan mereka tetap membiarkan anak-anak belajar. Cara ini efektif untuk mengajarkan anak agar tidak bergantung pada orang lain.

3. Tidak Mengenalkan Anak pada Gadget

Gadget saat ini merupakan penyelamat bagi para orang tua. Tidak sedikit orang tua yang menenangkan anaknya yang sedang rewel dengan mengajak menonton video Youtube lewat gadget. Namun, tahukah Anda, mengenalkan gadget sedari dini dapat menghambat tumbuh kembang anak? Tak hanya itu, mengenalkan gadget dapat mengurangi kesempatan anak untuk mengeksplor dunia luar.

Saat menonton TROS, jarang sekali melihat anak bermain gadget. Mereka lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan, bermain dengan ayah dan saudaranya, atau menjalankan misi-misi dari sang ayah. Dengan ilmu parenting ini, anak-anak akan lebih memanfaatkan tubuh mereka serta dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas mereka. Hal tersebut tentu lebih melelahkan bagi para orang tua, namun akan membawa dampak positif bagi tumbuh kembang anak.

  • Bagikan