4 Manfaat Tidak Mencukur Bulu Kemaluan Bagi Wanita

  • Bagikan
Ilustrasi manfaat untuk tidak mencukur bulu kemaluan bagi wanita. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi manfaat untuk tidak mencukur bulu kemaluan bagi wanita. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Bagi seorang wanita, merawat kecantikan seluruh tubuh seperti sudah menjadi pekerjaan utama. Perawatan dari rambut sampai ujung kaki, wanita adalah pakarnya, termasuk merawat area kewanitaan.

Perawataan pada area tersebut biasanya dilakukan dengan mencukur bulu kemaluan, agar bersih dan terasa nyaman. Namun perlu Anda ketahui, rambut kemaluan ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan di area kewanitaan.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda membiarkan bulu kemaluan tumbuh dan merawatnya tanpa dicukur. Melansir dari Self, berikut alasannya.

1. Sebagai pelindung

Kulit pada area kewanitaan cenderung halus dan sensitif, fungsi rambut kemaluan melindungi kulit dari gesekan saat berhubungan seks dan aktivitas lainnya. Rambut kemaluan juga bisa membuat vagina akan tetap hangat.

2. Mencegah terjadinya peradangan folikel

Para ahli mengatakan bahwa banyak perempuan mengalami folikulitis atau peradangan yang disebabkan oleh folikel rambut akibat proses perawatan rambut kemaluan.

Kebanyakan perempuan mengalami perubahan vagina yang disebabkan proses mencukur bulu kemaluan dengan waxing atau laser rambut kemaluan.

3. Menjaga kehigienisan area kewanitaan

Rambut kemaluan menghalangi keringat yang keluar dari kulit sehingga area kewanitaan tetap kering. Saat proses itu terjadi, rambut kemaluan pun membantu menyebarkan hormon feromon yang baik untuk bercinta dan menghalangi bakteri masuk ke dalam vagina langsung.

4. Rambut kemaluan melindungi jaringan tisu

Rambut kemaluan bisa melindungi jaringan tisu di dalam vagina. Selain itu, rambut kemaluan juga membantu mencegah kulit vagina bergesekan langsung dengan hal lain yang bisa jadi penyebab gatal atau iritasi. (Mila Arinda/gg)

  • Bagikan