4 Tip Magang sambil Kuliah - Tugujatim.id

4 Tip Magang sambil Kuliah

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang sedang mengerjakan tugas. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi seseorang sedang mengerjakan tugas. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Magang merupakan salah satu kegiatan yang barangkali menjadi aktivitas wajib Anda ikuti karena dari situlah akan mendapatkan gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya. Dengan begitu, ketika lulus, Anda tidak akan terkejut saat langsung terjun ke dunia kerja. Berikut ini beberapa tip yang dapat Anda terapkan ketika mengikuti magang sambil kuliah:

1. Membuat Time Table

Agar semua tugas dan pekerjaan Anda tidak ada yang terlewati, cobalah untuk membuat time table. Dengan memiliki time table, maka Anda dapat menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan tidak akan melupakan pekerjaan lainnya. Anda dapat membuat time table dengan cara melingkari tanggal pada kalender, membuat kalender sendiri pada buku catatan, maupun menggunakan notes pada smartphone Anda.

2. Sesuaikan Jam Kerja dengan Jam Kuliah

Time management merupakan hal yang penting jika Anda ingin mengikuti magang ketika kuliah. Jika Anda tidak mengatur jadwal, maka akan berisiko pada kuliah Anda. Ketika jam kerja dan jam kuliah berada pada waktu yang sama, maka Anda harus mengorbankan salah satunya. Jadi, pada saat interview, Anda dapat menayakan jam kerja agar dapat mengatur waktu dengan baik nantinya.

3. Mencicil Tugas

Ketika mengikuti magang, maka tugas dan pekerjaan Anda pun akan bertambah. Jadi, sangat baik bagi untuk mencicil tugas sejak kali pertama diberikan. Jika sebelumnya Anda selalu menggunakan sistem kebut semalam, hal tersebut akan sangat membuat Anda kelelahan, mengingat tugas Anda bertambah. Jadi, cobalah untuk mencicil tugas agar Anda tidak merasa terbebani.

4. Gunakan Waktu dengan Baik

Gunakanlah waktu Anda sebaik mungkin untuk hal-hal yang bermanfaat. Jika Anda mendapatkan ajakan untuk keluar rumah atau bepergian yang tidak terlalu penting, maka bisa ditolak secara halus. Walaupun sesekali Anda memang perlu istirahat dari kegiatan sehari-hari, tapi cobalah untuk memprioritaskan hal yang penting terlebih dulu.

Nah, itu dia beberapa tip bagi Anda yang mengikuti magang saat kuliah. Mungkin Anda akan merasa sibuk dan mempunyai terlalu banyak tugas serta pekerjaan. Tapi, di kemudian hari Anda tidak akan menyesal, justru mendapatkan manfaat sesuai kerja keras yang dilakukan. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan