Tips  

4 Tips Rawat Produk Kulit agar Awet, Awas Timbulkan Jamur!

Produk kulit. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi tas berbahan dasar kulit. (Foto: Pexels)

MALANG, Tugujatim.id – Apa kamu termasuk orang yang menyukai produk berbahan dasar kulit? Seperti jaket, sepatu, tas, dompet, dan produk lainnya. Banyak orang menyukai produk kulit ini karena dianggap lebih terlihat mewah dan elegan. Tapi, bagaimana cara merawatnya agar tetap awet?

Nah, Tugu Jatim bakal memberikan tips merawat produk berbahan dasar kulit agar tetap awet saat dipakai maupun disimpan. Simak ya!

1. Perhatikan Tempat Penyimpanan

Hal pertama yang harus diperhatikan agar produk kulit tetap awet adalah dengan menyimpannya di tempat yang aman. Sebaiknya produk kulit tidak disimpan di tempat yang udaranya lembap.

Selain itu, jangan menyimpan dengan cara dilipat. Hal itu akan menimbulkan beberapa bekas lipatan yang tentunya akan membuat rusak pada produk. Jika memiliki sepatu kulit, sebaiknya jangan disimpan di tempat kotak sepatu karena akan menimbulkan jamur akibat udara tak dapat masuk dengan baik.

2. Beri Bahan Anti Lembap

Untuk menjaga keawetan dari produk kulit adalah dengan memberikan bahan anti lembap pada produk. Bahan seperti silica gel atau kamper bisa mencegah timbulnya jamur lho.

3. Perhatikan saat Menjemur

Produk kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari. Pastikan saat menjemur tak di bawah sinar matahari langsung. Hal itu dapat merusak teksturnya. Selain itu, menjemur di bawah sinar matahari langsung dapat membuat kerusakan dan penurunan kualitas menjadi kering serta retak-retak.

4. Jangan Pakai Sikat saat Mencuci

Saat mencuci produk berbahan dasar kulit hindari mencuci pakai sikat. Hal itu akan membuat kulit menjadi cepat rusak. Jika produk kulit sering disikat, akan membuatnya tergores dan
menimbulkan kesan tidak bagus. Pastikan jika ingin membersihkannya menggunakan lap kering yang lembut agar tidak merusak tekstur dari kulit tersebut.

Itulah 4 tips agar produk kulit tetap awet. Pastikan jika kamu memiliki produk-produk berbahan dasar kulit sudah melakukan perawatan yang benar agar tak cepat rusak.


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim