Hore! 5 Bus Macito Kota Malang Bakal Manjakan Warga Mulai Akhir Januari 2023

Bus Macito.
Bus Macito atau transportasi wisata gratis di Kota Malang. (Foto: M. Sholeh/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Warga Kota Malang dan wisatawan bakal semakin dimanjakan dengan kehadiran Bus Malang City Tour (Macito). Tidak tanggung-tanggung, pemkot akan mengoperasionalkan lima Bus Macito sebagai moda transportasi wisata gratis pada akhir Januari 2023.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Widjaja Saleh Putra mengatakan, saat ini sudah ada satu bus Macito berwarna biru yang tengah beroperasi. Untuk dua bus Macito berwarna hijau toska yang baru saja diluncurkan pada akhir 2022 lalu masih dalam proses pengurusan nomor kendaraan.

“Sekarang yang beroperasi masih satu bus. Sedangkan dua bus Macito yang baru masih pengurusan nomor kendaraan dan belum selesai. Ketika sudah beres langsung bisa dioperasikan,” ucapnya pada Selasa (24/01/2023).

Dia mengatakan, salah satu bus Macito ini bahkan dilengkapi dengan fasilitas ramah difabel. Mereka menyediakan tangga kontrol yang mampu menaikkan kursi roda menuju bus. Untuk dua bus lainnya akan tiba pada di akhir Januari 2023.

Dia menyebutkan, dua bus Macito itu merupakan hibah dari pengusaha yakni bos Juragan 99 Gilang Widya Pramana.

“Untuk dua bus lain masih akan diserahterimakan, insyaa Allah pada 31 Januari 2023 karena itu CSR. Kalau itu sudah selesai semua baru bisa beroperasi,” ujarnya.

Jika tidak ada aral melintang, total lima armada bus yang akan mengaspal di akhir Januari 2023. Gilang juga menyampaikan, saat ini masyarakat tidak perlu mengantre di pos keberangkatan untuk naik bus. Sebab, Dishub Kota Malang juga telah menyediakan aplikasi pemesanan bus gratis itu.

“Masyarakat ingin menggunakan Bus Macito, sekarang bisa melalui aplikasi. Di aplikasi itu masyarakat bisa melihat jadwal pemberangkatan, rute, hingga slot kursi kosong,” ujarnya.

 

Writer: M. SholehEditor: Dwi Lindawati