5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang merasa malas untuk menjalankan aktivitas. (Foto: Pexels) lazy, tugu jatim, rasa malas, cara mengatasi rasa malas
Ilustrasi seseorang merasa malas untuk menjalankan aktivitas. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Rasa malas sering kali datang menghinggapi diri kita. Rasa malas enggan melakukan sesuatu yang sebenarnya untuk kepentingan diri sendiri. Kalau rasa malas ini terus dibiarkan lama kelamaan akan merugikan diri kita, menghabiskan waktu secara cuma-cuma tidak melakukan apa-apa.

Nah penulis kali ini akan memberikan tips menghilangkan rasa malas. Yuk kita pelajari bersama!

1. Buatlah Targetmu

Dengan adanya target maka kalian akan terpacu untuk memenuhi target tersebut, seseorang di dalam perjuangannya meraih sesuatu harus mempunyai target sebagai motivasi untuk melakukan sesuatu yang sedang diperjuangkannya.

Buatlah target sesuai dengan kemampuanmu, dengan adanya target anda akan tergerak untuk berusaha melakukan sesuatu dengan semangat.

Tanamkan sikap gigih pada diri anda bahwa anda harus bisa menyelesaikan dan mencapai target yang sudah anda rencanakan.

2. Jangan Menunda Pekerjaan

Ketika kamu sering menunda pekerjaan, alhasil pekerjaan kamu menjadi menumpuk. Bukan kenyamanan yang kamu dapat melainkan beban yang akan anda rasakan semakin berat.

Usahakan jangan pernah menunda suatu hal apapun, kerjakan sebelum deadline itu datang, kerjakan tepat waktu.

Jika anda sudah mampu disiplin waktu untuk tidak menunda-nunda, anda akan terbiasa dan rasa malas perlahan sirna.

3. Buat List Keseharian Kamu

Buatlah list apa saja yang akan anda lakukan dalam keseharian mu, to-do-list yang anda catat akan membuat diri kamu termotivasi melakukan sesuatu.

Ketika anda membuat list harian, kegiatan anda akan semakin jelas dan rapih. Dengan membuat daftar kegiatan harian anda akan tergerak untuk menyelesaikannya.

Pastikan daftar kegiatan yang akan anda lakukan positif dan bisa bermanfaat bagi orang lain dan jangan menunda kegiatan apa yang sudah anda rencanakan.

4. Pola Hidup Teratur

Pastikan pola hidup anda teratur dengan baik, jangan sampai tempat ataupun sesuatu yang sudah anda rencanakan menjadi berantakan.

Dengan pola hidup teratur anda bisa tergerak untuk terus menjaga pola hidup yang baik, sehat dan rapih dalam melakukan segala aktivitas.

5. Hadiahi Diri Sendiri

Jika semua targetmu dan juga daftar anda sudah dapat terpenuhi, berilah self-reward kepada diri anda. Self-Reward adalah bentuk penghargaan kepada diri anda karena sudah berjuang dan berhasil melakukan sesuatu dan menyelesaikannya dengan baik.

Tidak perlu hadiah yang mewah, hadiah kecil-kecilan saja sudah cukup, seperti ngopi bersama teman sekedar melepas penat yang selama ini menghinggapi. Karena dengan menghadiahi diri sendiri secara psikologis dapat membuat dir anda melawan rasa malas dan semakin terpacu dalam melakukan sesuatu.

So, itulah ke 5 tips untuk menghilangkan rasa malas, tidak mudah memang tetapi kita harus bisa memulainya untuk melawan rasa malas agar kehidupan kita jauh lebih baik untuk masa sekarang dan masa depan nanti. Terima Kasih.

 

Penulis: Joko Susanto
STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta

  • Bagikan