5 Cara Berhenti dari Ketergantungan Layanan Pesan Antar! - Tugujatim.id

5 Cara Berhenti dari Ketergantungan Layanan Pesan Antar!

  • Bagikan
Ilustrasi layanan pesan antar makanan secara instan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi layanan pesan antar makanan secara instan. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Layanan pesan antar kini semakin membuat Anda menginginkan hal-hal tersaji secara instan. Dan tak dapat dipungkiri hal itu membuat Anda jadi kecanduan lho.

Namun, di sisi lain Anda juga pasti menginginkan makanan yang dimakan mengandung hal-hal yang dibutuhkan tubuh, baik dalam segi gizi maupun komposisinya. Dan bukan sebuah rahasia lagi bila makanan rumahan adalah makanan yang paling sehat dan paling baik untuk tubuh karena Anda sendiri yang memasak serta mengontrol porsi dan komposisi yang dibutuhkan.

Melansir dari Wonderwall, inilah 5 tips yang dapat membuat Anda bisa berhenti dari ketergantungan memakai layanan pesan antar. Simak ya!

1. Ubah Kebiasaan dari Hal-Hal Kecil

Segala sesuatu yang baru pasti dimulai dari hal yang kecil. Begitu pula dengan kebiasaan yang ingin diubah. Sebagai permulaan, dibanding langsung mengubah kebiasaan secara drastis yang memiliki risiko kegagalan lebih tinggi, ada baiknya bila mencicil sedikit demi sedikit. Hal itu mengubah kebiasaan, dan menggantinya dengan sesuatu yang baru.

Misalnya, coba kembali memasak sekali dalam waktu sebulan atau seminggu sebagai permulaan dan kembali beradaptasi dengan dapur Anda. Bila mulai menikmati suasana memasak dan kegiatan di dapur, Anda dapat menambahkan durasi memasak menjadi 2 kali seminggu dan seterusnya.

2. Buat Hidangan Sederhana

Sebagai permulaan, Anda bisa mulai membiasakan memasak resep-resep yang mudah terlebih dulu dibanding memasak hal rumit. Sebab, itu membutuhkan waktu berjam-jam sehingga membuat Anda merasa frustrasi dan akhirnya tidak ingin berdekatan dengan dapur lagi.

Memasak sandwich atau telur goreng sebagai sarapan pagi bukanlah hal yang buruk sebagai permulaan. Pahami yang Anda inginkan dan buatlah sesuatu yang disuka. Anda bebas berkreasi dan berinovasi dengan memasak.

3. Cari Jalan Pintas

Bagian tersulit dari memasak terkadang adalah ketika ingin menentukan apa yang ingin buat, tapi bahan di dapur tidak mencukupi atau peralatan yang anda punya tidak memadai. Jangan khawatir, Anda dapat melengkapi semua dengan belanja online yang lebih efisien dan tak terlalu melelahkan. Pastikan lemari es Anda selalu terisi dengan buah dan sayuran segar, telur, susu, atau apa pun yang membantu Anda untuk semakin termotivasi dengan kegiatan di dapur.

4. Sekali Masak untuk Dua Kali Makan

Jika berusaha sekali makan, disarankan Anda membuat porsi ekstra ketika memasak untuk menghemat waktu. Bekukan atau simpan sisa makanan sehingga Anda dapat makan makanan sehat kapan pun. Dan tanpa disadari, Anda mungkin akan makan makanan yang dibuat sendiri dua kali dalam seminggu tanpa harus memasak dua kali. Terapkan dan tambahkan sedikit demi sedikit kebiasaan ini sampai Anda terbiasa memasak dan menikmati suasana dapur.

5. Memasak Butuh Waktu

Kunci dari semua tips yang diberikan berporos pada satu hal, yakni kesabaran. Terutama dalam hal memasak, sedikit demi sedikit sisihkan waktu yang Anda punya untuk memasak apa yang disuka. Anda akan terkejut dengan perubahan kebiasaan itu, bahkan mungkin dapat memasak untuk orang lain juga.

  • Bagikan