5 Cara Mengatur Waktu yang Baik

5 Cara Mengatur Waktu yang Baik

  • Bagikan
Ilustrasi jam untuk membagi waktu./tugu malang
Ilustrasi jam untuk membagi waktu. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Membagi waktu memang bukanlah hal yang sulit, tetapi juga tidak mudah. Banyak orang kelimpungan dalam memanajemen waktu. Lalu bagaimana mengatur waktu yang baik agar semua kegiatan terlaksana dengan baik? Pertanyaan seperti ini mungkin kerap hadir di pikiran Anda. Atau, mengapa waktu 24 jam berjalan dengan cepat? Nah, kalau begitu berarti Anda perlu membaca ini, 5 cara mengatur waktu dengan baik ini.

1. Menentukan Skala Prioritas

Ketika ingin melaksanakan kegiatan tertentu, kerjakanlah sesuatu itu berdasarkan skala prioritas. Seperti kerjakan dulu pekerjaan yang lebih dulu deadlinenya, atau kerjakanlah dulu pekerjaan yang lebih mudah. Hal itu tentunya akan membuat kita tidak kelimpungan karena pekerjaan yang sudah tenggat waktunya telah dikerjakan. Kemudian kita bisa fokus mengerjakan pekerjaan yang lain dengan tenang.

2. Mencatat Rencana Kegiatan

Membuat list di catatan sebagai perencanaan sangat penting. Hal tersebut dilakukan agar kita mengingat apa saja yang harus dikerjakan. Pada saat membuat list, buatlah tanggal dan waktu kapan harus mengerjakan tugas, serta buatlah deadline kapan tugas itu harus diselesaikan. Untuk membagi waktu 24 jam sendiri, buatlah jurnal harian yang berisi kegiatan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Bagilah waktu tersebut untuk melaksanakan kegiatan harian, mengerjakan tugas, ishoma, dan tidur.

3. Membuat Alarm

Ketika sudah membuat jurnal harian di catatan, buat juga alarm sebagai pengingat untuk melaksanakan kegiatan atau mengakhiri kegiatan. Hal ini sangat penting agar kita tidak kebablasan dalam satu kegiatan, dan melewatkan kegiatan selanjutnya. Pekerjaan juga tidak akan bentrok karena alarm otomatis akan berbunyi sesuai waktu yang sudah ditentukan.

4. Lawanlah Kemalasan

Setelah perencanaan dan alarm sebagai pengingat sudah dibuat untuk melaksanakan kegiatan harian, lawanlah kemalasan yang muncul. Ketika alarm berbunyi sebagai pengingat sadarlah bahwa semakin diabaikan, maka kita akan kehabisan waktu untuk melaksanakan suatu tugas.

Kemudian setelah mengerjakan tugas dengan waktu yang kurang, maka sangat berpotensi kita mengorupsi jadwal berikutnya. Jadwal kita akan kacau, bahkan bentrok. Maka dari itu, lawanlah kemalasan, sadarlah apa tujuan awal membuat perencanaan dan alarm.

5. Beri Waktu Tubuh untuk Istirahat

Istirahat adalah hal yang penting. Maka ketika waktu istirahat sudah dijadwalkan, istrirahatlah. Jangan melakukan kegiatan yang lain seperti menonton hingga lupa waktu, atau malah lanjut mengerjakan tugas tanpa nonstop. Jangan sampai keinginan produktif menjadi toxic. Berilah tubuh waktu untuk istirahat, agar raga dan jiwa tetap sehat untuk menyambut hari esok. Kemudian jika memang Anda membutuhkan hiburan, buatlah jadwal tersendiri untuk hiburan, jangan mengacaukan waktu istirahat.

  • Bagikan