Tips  

5 Cara Terbaik Jaga Kulit Tetap Lembab dan Sehat

Ilustrasi.

Tugujatim.idPermasalahan kulit yang sering dialami tidak hanya disebabkan oleh faktor eksternal namun juga bisa faktor internal. Iklim yang kering dan sinar matahari yang menyengat membuat kita harus semakin ekstra dalam menjaga kesehatan dan kelembapan kulit.

Berikut ini cara terbaik menjaga kelembaban kulit.

1. Selalu re-apply tabir surya

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah dengan menggunakan tabir surya serta tidak lupa untuk re-apply tiap 2-3 jam sekali. Dilansir dari YesDok tabir surya harus digunakan tiap 2-3 jam sekali dengan spf minimal 30 setiap harinya.

Meskipun tidak beraktivitas di luar ruangan, penggunakan tabir surya harus tetap dilakukan untuk menghindari sinar UV matahari. Jika terpapar sinar UV terlalu lama akan mengakibatkan kulit menjadi kering dan kusam.

2. Memperbaiki asupan tubuh

Langkah yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan kulit dari dalam. Menurut website ners.unair.ac.id antioksidan mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kulit.

Antioksidan terbaik biasa terkandung di sayuran dan buah-buahan. Dengan mengonsumsi kedua hal tersebut dapat membantu kulit menjadi lebih sehat.

3. Gunakan pelembab

Selain menggunakan tabir surya, pelembab juga penting digunakan apabila cuaca tengah terik. Sinar matahari yang menyebabkan kulit kering dan kusam haruslah dirawat dengan menggunakan pelembab. Pilih jenis pelembab yang sesuai dengan tipe kulit sehingga akan menimbulkan efek yang luar biasa pada kulit.

4. Minum air putih

Terlihat sepele tapi manfaat air putih pada tubuh terutama kulit sangatlah berdampak baik. Sebagian besar komposisi tubuh yang berasal dari air haruslah terpenuhi setiap harinya. Manusia dianjurkan minum air sebanyak 7-8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh.

5. Lakukan eksfoliasi

Meregenerasi kulit juga termasuk langkah yang penting dan harus dilakukan maksimal 2 kali per minggu. Tujuan dari eksfoliasi sendiri ialah untuk menghilangkan sel kulit mati sehingga sel-sel baru dapat muncul dan membuat kulit jadi lebih sehat.

Itulah beberapa cara yang perlu dilakukan untuk membuat kulit jadi lebih sehat dan lembab. Menjaga kulit terutama wajah harus dilakukan agar terhindar dari penyakit dan permasalahan kulit lainnya.