5 Danau Eksotis di Pulau Flores tapi Tak Banyak yang Tahu

5 Danau Eksotis di Pulau Flores tapi Tak Banyak yang Tahu

  • Bagikan
Ilustrasi Danau di Flores.
Ilustrasi Danau di Flores. (Foto: Pinterst)

Tugujatim.id – Pulau Flores merupakan pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki kondisi geologi yang sangat unik dan menyimpan banyak keindahan alam yang eksentrik. Pulau ini memiliki banyak rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk Anda terutama wisata danau.

Dilansir dari idntimes, beberapa kabupaten yang ada di Pulau Flores memiliki danau yang jarang diketahui publik dan sayang untuk dilewatkan. Mungkin banyak yang tidak asing dengan danau Kelimutu, namun masih ada beberapa danau lain yang belum diketehui dan kalah indahnya. Mau tahu danau apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Danau Ranamese

Danau Ranamese terletak di wilayah Kabupaten Manggarai Timur, NTT. Danau ini memiliki luas sekitar 32.245,6 hektare. Destinasi wisata ini memang belum terlalu terkenal dan belum dimasukkan dalam catatan perjalanan wisata sehingga kunjungan wisatawan masih sangat minim.

Danau Ranamese berada di antara gunung Mandosawu puncak tertinggi di kabupaten Manggarai Timur dan gunung Ranaka puncak tertinggi kedua. Wilayah sekitar danau Ranamese dipenuhi flora serta fauna yang menemani sejuknya alam di sekitar lokasi ini.

2. Danau Sano Nggoang

Dilansir dari gotravelindonesia, Danau Sano Nggoang merupakan danau vulkanik terluas di Provinsi NTT dengan luas mencapai 5.500 hektare. Letak danau ini tidak jauh dari air terjun Cuanca Rami dan Cunca Wulang serta Taman Nasioanal Komodo, sehingga dibilang cukup strategis untuk dikunjungi para wisatawan.

Istilah Sano Nggoang berasal dari bahasa Kempo yaitu Sano dan Nggoan. Sano berarti danau dan Nggoang berarti membara. Sano Nggoang berarti danau yang membara atau danau vulkanik.

Untuk mengunjungi destinasi wisata ini diperlukan waktu sekitar 3-4 jam dari Kota Labuan Bajo dan medan tinggi yang terbilang cukup menantang bagi para wisatawan.

Meskipun kondisi medan yang cukup menantang, namun keindahan panorama di sepanjang perjalanan menuju danau Sano Nggoang membuat perjalanan Anda tidak melelahkan dan membosankan. Salah satu pemandangan yang sering diburu waisatawan yakni ketika matahari terbenam.

3. Danau Kelimutu

Danau yang satu ini memang sudah populer baik di kancah nasional maupun internasional dan menjadi salah satu ikon yang ada di Nusa Tenggara Timur. Secara geografis, danau Kelimutu terletak di dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu, Kabupaten Ende.

Danau Kelimutu dijuluki sebagai danau yang unik karena memiliki tiga warna yang sering disebut sebagai telaga tiga warna. Warna danau ini akan selalu berubah seiring berjalannya waktu. Terdapat 3 warna yaitu putih, biru dan merah. Danau inilah yang dijadikan sebagai tempat wisata andalan di Pulau Flores.

Selain berburu sunrise, di danau Kelimutu juga menyajikan keindahan alamnya. Anda bisa menikmati budaya dari suku yang tinggal di wilayah tersebut. Biasanya setiap bulan Agustus digelar Festival Danau Kelimutu.

4. Danau Rana Tonjong

Berbeda dari danau sebelum-sebelumnya, danau Rana Tonjong menyuguhkan hamparan bunga lotus yang sangat indah. Danau ini terletak di desa Nanga Mbaling, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur. Danau Rana Tonjong digadang-gadang sebagai danau Lotus terbesar di dunia.

Bunga Lotus yang ada di danau tersebut biasanya akan mekar di sekitar bulan April hingga Juni setiap tahunnya. para pengunjung biasanya menjadikan bunga lotus dengan warna merah mudah dan hijau tersebut sebagai latar untuk berfoto.

5. Danau Waibelen

Kita beralih ke Kabupaten Flores Timur. Ada salah satu danau yang tidak kalah eksotisnya dari danau-danau sebelumnya. Danau ini mungkin belun terlalu akrab di telinga para wisatawan. Dilansir dari medcom.id, danau ini bernama Waibelen atau populer dengan sebutan danau Asmara. Danau Waibelen berada di Desa Waibao, Tanjung Bunga, Larantuka, Flores Timur.

Menurut cerita, terbentuknya danau Waibelen dikarenakan letusan gunung Sodoberawao pada 400-500 SM. Danau ini memiliki diameter sekitar 500 meter dan kedalaman yang bervariasi sekitar 10 hingga 35 meter.

Danau Waibelen juga memiliki kisah turun-temurun sejak terbentuknya. Warga lokal percaya bahwa pada zaman dahulu ada sebuah gunung yang menjulang tinggi, di mana puncaknya terdapat sebuah kampung tua bernama Lewo Eko Pukang Tanah Parak Nimu.

Sampai saat ini, masih terdapat keterikatan adat budaya antara masyarakat setempat dengan Danau Waibelen.

6. Danau Rana Kulan

Nah, ada satu lagi danau yang wajib kamu kunjungi di Pulau Flores, yaitu danau Rana Kulan. Danau ini memang tidak sepopuler seperti yang lainnnya, tetapi danau ini menjadi salah satu potensi wisata dalam rencana pengembangan oleh pemerintah dari daerah setempat. Danau ini teletak di Desa Rana Kulan, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur.

Untuk sampai ke lokasi danau, kamu harus menempuh perjalanan hingga 4 jam dari Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur. Meskipun perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke lokasi tidak mudah, tetapi pemandangan di danau akan menghilangkan penat.

Itulah keenam danau yang wajib Anda kunjungi di Pulau Flores. Nah, dari keenam danau di atas, danau mana nih yang mau Anda kunjungi?


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

  • Bagikan