5 Fakta Ikan Paus, Hewan Terbesar di Muka Bumi

5 Fakta Ikan Paus, Hewan Terbesar di Muka Bumi

  • Bagikan
Ilustrasi ikan paus yang tengah menyelam dari permukaan air. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Ikan paus merupakan hewan yang unik, bila dipikir lagi secara mendalam. Mengapa? Siapa sangka hewa yang mirip ikan dan sering disebut sebagai ‘ikan paus‘ ini ternyata masuk dalam golongan mamalia? Ikan paus adalah mamalia, yang melahirkan, bernafas dengan oksigen dan mempunyai bulu-bulu di sekitar tubuhnya. Namun, hewan besar itu menghabiskan hidupnya di air. Tugu Jatim sudah merangkum 5 fakta menarik soal ikan paus, apa saja?

1. Ikan Paus Adalah Hewan Terbesar yang Pernah Hidup di Muka Bumi, Gaes!

Sebagian besar dari kita, bila ditanya soal hewan apa yang baling besar di muka bumi? Jawabnya pasti ‘Dinosaurus!’. Ternyata, ada hewan yang lebih besar lagi, yaitu Ikan Paus. Lebih tepatnya Paus Biru. Bila dinosaurus ada yang memiliki panjang hingga 22 sampai 35 meter, serta berat tubuh 50.000 kg hingga 100.000 kg. Namun paus biru punya panjang 32 meter dan berat 200.000 kg. Tentu, bila bahas berat yang dipakai ialah ukuran volume.

2. Paus Kepala Kota Gemar Bertempur dengan Cumi-Cumi Raksasa

Paus Kepala Kota ada di berbagai sudut-sudut dunia. Biasanya ditemukan di kedalaman 1.000 meter atau lebih di penjuru lautan. Sempat juga ditemukan bahwa Paus Kepala Kota bisa menyelam sampai kedalaman 3.000 meter dan mampu menahan nafas sampai 1 jam. Di kedalaman itu, biasanya Paus Kepala Kotak bertemu dengan Cumi-Cumi Raksasa, sehingga membuat mereka bertempur dan berebut wilayah untuk memangsa hewan-hewan laut lainnya. Tapi, makanan favorit Paus Kepala Kotak adalah Cumi Raksasa itu.

3. Paus Orca atau Paus Pembunuh Bukan dari Ordo Paus, Tapi Lumba-Lumba

Ada satu ikan yang disalahpahami masuk dalam keluarga Paus. Namanya Pais Orca atau Paus Pembunuh. Paus Orca kendari ukuran tubuhnya besar, ternyata masuk dalam ordo ikan lumba-lumba. Paus Orca menjadi spesies terbesar di antara jenis lumba-lumba lainnya. Dicatat ya, Gaes! Jangan salah paham lagi.

4. Paus Ternyata Sosok Hewan Penyelam dan Perenang yang Hebat

Paus Bungkuk memegang rekor migrasi mamalia terjauh, yaitu 22.000 kilometer! Bayangkan! Ia berenang melewati berbagak lautan dan samudra, menjelajahi berbagai kedalaman ketika melakukan migrasi itu. Paus itu juga mampu menyelam di kedalaman 3 kilometer dan menahan nafas sampai 138 menit sebelum Paus itu muncuk lagi di permukaan. Keren ya!

5. Hewan yang Punya Suara Paling Keras di Permukaan Bumi!

Paus ternyata menjadi hewan yang mempunyai suara paling keras di permukaan bumi, Gaes. Dipegang oleh Paus Biru dengan capaian suara sampai 188 db, lebih kencang dari peluncuran pesawat ulang alik yang mempunyai 165-170 db. Namun, suara terkeras yang dimiliki oleh keluarga Paus juga dipegang oleh sosok Paus Kepala Kotak. Bisa memunculkan bunyi ‘Klik’ mencapai 230 db sampai 10 mil jauhnya.

Itulah 5 fakta ikan paus yang menarik sekali dibahas. Mengamati satwa dan lingkungan ternyata juga menyenangkan ya, banyak hal menakjubkan yang dapat kita temukan di antara satwa dan lingkungan. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan