5 Fakta Unik Ikan Cupang, Kamu Sudah Ternak Cupang Belum? - Tugujatim.id

5 Fakta Unik Ikan Cupang, Kamu Sudah Ternak Cupang Belum?

  • Bagikan
Ilustrasi ikan cupang. (Foto: Pixabay) fakta unik ikan cupang tugu jatim
Ilustrasi ikan cupang. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang lagi populer baru-baru ini. Warnanya indah, motifnya banyak, serta ada berbagai turnamen, even dan lomba yang berkaitan dengan ikan cupang. Banyak orang yang mulai berbisnis ternak ikan cupang, selain enak dipandang mata, adem di pikiran, ikan cupang juga punya harga jual tinggi. Tugu Jatim sudah merangkum 5 fakta mengenai ikan cupang yang wajib kamu ketahui!

1. Variasi Harga Ikan Cupang

Ketika kita memilih paket borongan dengan porsi satu lubuk, harga ikan cupang biasanya dipatok antara Rp 200 ribu sampai Rp 1,5 juta tergantung ripe serit dan warna ikan cupang itu. Sedangkan untuk penjualan satuan, harga anak ikan cupang bisa Rp 10 ribu sampai Rp 150 ribu.

Dalam kontes ikan cupang, ada harga yang lebih mahal lagi hingga Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta per ekornya. Tentu, harga disesuaikan dengan jenis ikan cupang yang dikonteskan, kerapatan sirip warna dan bentuh tubuh menjadi asesmen tersendiri dalam penentuan harga jualnya.

2. Sudah Tahu Cara Merawat Ikan Cupang?

Cara merawat ikan cupang ternyata mudah. Tidak diperlukan sarama khusus, penggemarnya bisa membuat aquarium sederhana dengan aerator umum yang dipakai memelihara ikan hias lainnya. Bisa juga memakai toples kecil untuk lebih ringkas di ruangan.

Kemamapuan labyrinth membuat daya tahannya kuat tanpa alat bantu tersebut. Ikan cupang bisa dikirim ke tempat yang amat jauh, dikemas dengan plastik kecil diisi ikan cupang, sudah mampu berjalan selama 4-6 hari perjalanan. Hebat ya? Iya dong.

3. Kunci Keberhasilan Ternak Cupang

Salah satu kunci keberhasilan ternak ikan cupang adalah mengelola dan menghasilkan varietas baru. Jadi ikan cupang itu gemar kawin, gaes. Kalian perlu sabar dan melakukan berbagai upaya perkawinan silang antar ikan cupang dari lain varietas agar menghasilkan varietas baru yang indah. Varietas itulah yang dapat menaikkan harga jual hingga bisa ekspor ke liar negeri.

4. Ternyata Ikan Cupang Punya Kelas!

Grading itu diperlukan untuk menentukan kualitas dari masing-masing ikan cupang yang kita miliki. Mana yang baik, mana yang lumayan. Penentuan kualitas atau grading itu dibagi menjadi grade A, B, C yang siap dijual dengan harga berdasarkan jenis, tingkat, kualitas dan ukuran ikan itu.

Grade A: Ikan cupang yang memiliki keadaan sehat dengan sirip ikan yang amat sempurna. Sirip ekor cupang membuka sampai 180 derajat ataupun lebih dan ketiga sirip utama saling terbentuk ‘overlap’.

Grade B: Ikan cupang dengan keadaan yang sehat dengan bentukan sirip tidak cacat atau rusak. Sedangkan sirip ekornya membuka lebih dari 165 derajat serta kurang dari 180 derajat.

Grade C: Ikan cupang dengan keadaan yang sehat dengan bentukan sirip yang sedikit cacat dan tidak sempurna. Sayang sekali ya. Sirip ekor membuka kurang dari 165 derajat.

5. Pakan untuk Ikan Cupang

Ikan cupang juga perlu diperhatikan makanannya. Yang mengandung gizi cukup, seimbang untuk kelangsungan hidup si ikan cupang. Ada protein, vitamin, lemak, dan lain-lain. Kadar minimal protein yang diperlukan ikan cupang itu 45% dari seluruh komposisi makanannya.

Itulah 5 fakta mengenai ikan cupang yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu juga ternak ikan cupang? Lumayan seneng kalau punya ikan cupang, bisa dilihatin tiap hari, bikin ati tenang, pikiran adem. Bisa menghasilkan uang pula! (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan