5 Fakta Komodo, Binatang yang Dikenal Asli Indonesia tapi Asal Australia

  • Bagikan
biawak komodo dragon. Jurrasic Park Taman Nasional Komodo fakta komodo
Ilustrasi biawak komodo. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Komodo merupakan salah satu hewan yang terlihat mengerikan. Ada yang menyebut komodo sebagai kadal purba, ia juga mempunyai berat sekitar sekitar 68 kg lebih. Tugu Jatim telah merangkum 5 fakta mengejutkan tentang binatang dengan nama latin Varanus komodoensis yang belum banyak diketahui orang. Apa saja?

1. Berasal dari Daratan Australia, Benarkah Demikian?

Fakta komodo saat ini memang hanya bisa ditemukan di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Namun, berdasarkan  catatan jejak rekam fosil, komodo yang memiliki nama latin Varanus komodoensis, ternyata melakukan migrasi dari Australia ke kepulauan timur Indonesia, tiba di Pulau Flores sekitar 900.000 tahun yang lalu.

BANNER DONASI

2. Fakta Komodo Betina Bisa Berkembang Biak Tanpa Kawin

Sekitar tahun 2006, ada seorang peneliti yang melakukan verifikasi bahwa komodo betina bisa melakukan reproduksi dengan aseksual melalui proses ‘partenogenesis’. Apabila tidak ada komodo jantan, komodo betina masih bisa bertelur. Penelitian tersebut dilakukan pada dua kebun binatang di London yang melakukan konservasi pada komodo betina tanpa pasangan.

3. Komodo Tega Memakan Bayinya Sendiri

Melihat fakta bahwa komodo betina bisa menghasilkan telur tanpa ada peran dari komodo jantan, fakta menarik berikutnya yaitu komodo kadang memakan bayinya sendiri. Aktivitas kanibalisme itu dilakukan demi kelangsungan hidup si komodo.

4. Komodo Senang Bermain, Benarkah?

Ada catatan bahwa seorang individu sempat melakukan kontak dan bermain dengan komodo. Tanpa melihat bahwa si komodo berperilaku agresi, menyerang atah keras pada di individu tersebut. Sepertinya ini sisi lain dari komodo, di samping posturnya yang terlihat menyeramkan.

5. Komodo Dapat Memakan Mangsa yang Lebih Besar

Apakah kalian tahu? Komodo dewasa dapat melahap mangsa atau buruan yang memiliki berat tubuh sekitar 80% lebih berat dari tubuhnya dalam satu kali makan. Setelah mendapat mangsa yang besar, si komodo akan bersantai dan berjemur di bawah sinar matahari untuk memastikan bahwa proses pencernaan tetap berjalan lancar.

Itulah 5 fakta komodo yang menarik untuk diketahui. Apakah kamu sudah tahu informasi ini sebelumnya? Atau ini terlihat sebagai hal yang baru bagimu? Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan