5 Fakta Menarik tentang Doctor Strange dalam Film Marvel - Tugujatim.id

5 Fakta Menarik tentang Doctor Strange dalam Film Marvel

  • Bagikan
Benedict Cumberbatch saat memerankan tokoh Doctor Strange dalam film Marvel. (Foto: Marvel)
Benedict Cumberbatch saat memerankan tokoh Doctor Strange dalam film Marvel. (Foto: Marvel)

Tugujatim.id – Tokoh dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) satu ini amat menarik untuk dibahas. Ia bernama Doctor Strange, yang memiliki lataf belakang sebagai dokter bedah yang arogan, lalu sempat mengalami kegagalan dalam kecelakaan yang membuat tangannya tidak bisa lagi melakukan pembedahan. Strange pergi ke Nepal untuk menyembuhkan tangannya, namun justru bertemu sosok ‘Ancient One’ yang mengajarinya soal berbagai hal di dunia magis.

Dari kelengkapan magis dan ilmiah itulah, karakter Doctor Strange terbentuk. Memiliki berbagai macam sihir yang dapat dipakai menjelajahi ruang, waktu dan alat bertempur dengan musuh-musuh MCU. Mempunyai salah satu batu bernama ‘infinity stoner’ yang berjenis ‘time stone’ dengan warna hijau menyala yang dikalungkan di dada Strange. Tugu Jatim sudah merangkum 5 fakta menarik mengenai Doctor Strange.

1. Nama Lengkap Doctor Strange dan Panggilan ‘Doctor Strange’ Diambil dari Nama Aslinya

Nama lengkap Doctor Strange ialah Stephen Vincent Strange. Muncul pertama kali dalam komik berjudul Strange Tales #110 yang dipublikasikan pada Juli 1963. Nama tersebut juga dipakai dalam penyebutan superhero yang diperankannya, yaitu Doctor Strange. Sehingga dalam pebyebutan itu Strange memakai nama aslinya yang juga berlatar belakang sebagai dokter bedah. Berbeda dengan superhero lain yang memakai nama panggilan superheronya, bukan nama asli.

2. Sosok Vincent Price, Inspirasi dalam Pembentukan Karakter Doctor Strange

Dalam nama tengah Doctor Strange, yaitu Stephen Vincent Strange, ternyata kata ‘Strange’ merupakan inspirasi dari sosok ‘Vincent Price’. Vincent merupakan sosok aktor juga yang dipakai dalam pembentukan karakter Doctor Strange. Yaitu berkumis panjang, mata tajam, rambut agak tebal, wajah berbentuk oval, dan terlihat misterius dari berbagai sudut.

3. Penyebutan Doctor Strange, bukan Mister Strange

Dalam film Doctor Strange dan barisan Avngers. Strange dipanggil dengan sebutan Doctor Strange, bukan Mister Strange. Hal itu diputuskan sang kreator bernama Steve Ditko dan Stan Lee, agar tidak mempunyai kemiripan dalam penyebutan Mister Fantastic. DC juga punya karakter fiksi Hugo Strange. Jadi akhirnya, kreator karakter ini sepakat menyebutnya Doctor Strange. Begitu ceritanya, gaes.

4. Benedict Cumberbatch bukan Satu-Satunya Pilihan dalam Memerankan Doctor Strange

Ternyata saat pemilihan pemeran Doctor Strange masih diproses, Benedict Cumberbatch bukan satu-satunya pilihan untuk memerankan tokoh MCU itu. Ada juga sosok seperti Colin Farrell, Jake Gyllenhall, Jared Leto, Keanu Reeves, Oscar Isaac, Johnny Depp, bahkan Joseph Gordon-Levitt yang sempat dipertimbangkan.

5. Karakter Ancient One dalam Film Doctor Strange

Di dalam komiknya, Ancient One diperankan oleh seorang laki-laki. Namun saat film Doctor Strange dirilis, ternyata sosok yang menjadi Ancient One ialah perempuan dengan pemeran bernama Tilda Swinton. Sebelumnya, MCU sempat memberi tawaran juga pada Morgan Freema untuk menjadi Ancient One.

Itulah 5 fakta menarik soal Doctor Strange pemilik salah satu dari infinity stone berjenia time stone yang dapat dipakai mengendalikan waktu. Doctor Strange sampai saat ini terlihat belum menyembuhkan tangannya. Saat pertempuran Avengers: End Game, tangannya terlihat bergetar. Apakah kalian tahu mengapa ia memutuskan demikian?

  • Bagikan