5 Fakta Mengenai Lautan yang 95 Persen Belum Terjamah Manusia - Tugujatim.id

5 Fakta Mengenai Lautan yang 95 Persen Belum Terjamah Manusia

  • Bagikan
Ilustrasi laut dan lautan yang masih banyak menyimpan misteri. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Ilustrasi laut dan lautan yang masih banyak menyimpan misteri. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Eksplorasi laut merupakan bagian dari ekspedisi yang menarik sekali. Lantaran ada banyak misteri dan fakta mengenai laut yang masih belum terungkap, entah itu beragam spesies hewan yang belum tercatat oleh ilmuwan, berbagai batu-batu, palung, terumbu karang yang tidak pernah diabadikan oleh manusia, atau bahkan msteri-misteri lainnya yang tidak pernah terpikirkan.

Tugu Jatim telah merangkum 5 fakta menarik mengenai lautan yang belum diketahui banyak orang. Apa saja itu?

1. Lautan Ternyata Didominasi Gelap, Sudah tahu Belum?

Apakah kalian sudah tahu dan mengira sebelumnya? Bahwa mayoritas wilayah di lautan itu gelap? Kenapa coba? Jawabannya, karena cahaya sinar matahari hanya dapat menembus 200 meter ke dalam laut. Sedangkan, semua benda dan beragam perabotan di dasar laut yang mempunyai kedalaman lebih dari 200 meter amat gelap, tidak terjangkau cahaya, disebut sebagai wilayah zona aphotic. Menarik sekali ya, maka dari itu setiap kali ada penyelam, mereka membawa senter atau pencahayaan sendiri untuk menelusuri bawah laut.

2. Ternyata 95% Bagian Laut Belum Tersentuh Manusia!

Lautan merupakan sumber kehidupan bagi banyak makhluk hidup. Faktanya, 95% lautan masih belum terjamah oleh manusia, saking luasnya lautan yang ada di bumi ini. Yang berhasil dan telah dieksplorasi manusia hanya 5% saja, itupun sudah banyak penemuan dan beragam hal menakjubkan yang ditemukan oleh penyelam. Apalagi ketika penyelam sudah mampu menjelajahi keseluruhan lautan optimal sampai 100%? Apa yang akan ditemukan? Misteri apa yang akan dipecahkan? Pasti menarik.

3. Semakin Dalam Kalian Menyelam, Semakin Membuat Bagian Dalam Tubuh Remuk. Benar?

Setiap kedalaman laut mempunyai tekanan masing-masing, semakin dalam manusia menyelam, maka semakin besar pula tekanan yang akan diperoleh tubuh manusia penyelam itu. Setiap tekanan dari dalam laut yang diterima tubuh, bisa membuat bagian dalam tubuh juga tidak kuat. Kendati kita masih belum dapat mengetahui secara jelas, berapa dalam tubuh manusia dapat bertahan tatkala menyelam. Ada yang pernah menyelam sampai dasar, saat kembali ke permukaan, penyelam itu muntah darah. Indikasi bahwa paru-paru mereka terkena tekanan dari dalam laut.

4. Ada 8 Juta Ton Sampah di Lautan

Ada salah satu faktor mengapa banyak bakteri buruk yang ditemukan di lautan, karena ada 8 juta ton sampah yang bekeliaran di seluruh lautan yang ada di bumi ini. Hal itu sudah bentuk kontaminasi buruk dari manusia terhadap alam. Pada tahun 2010, ilmuwan memperkirakan ada sekitar 8 juta ton sampah, kecuali dunia menemukan cara untuk mengendalikan polusi air di lautan tersebut. Jumlah itu bakal bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

5. Ternyata 85% Spesies Lautan Belum Diketahui Manusia!

Kembali pada fakta yang mencengangkan, lautan masih belum optimal ditelusuri, dipelajari dan dijelajahi oleh manusia. Oleh karena itu ilmuwan menyebutkan bahwa masih ada sekitar 85% spesies hewan laut yang belum teridentifikasi oleh manusia, belum diketahui nama, jenis, dan berbagai macam pola hidup hewan tersebut.

Itulah 5 fakta yang menarik tentang lautan. Memang masih banyak menyimpat misteri, mengingat di zaman kuno pernah terjadi banjir bandang di masa Nabi Nuh, ada berbagai potensi bangunan dan peradaban saat itu sebagian besar dapat ditemukan di dalam lautan. Tapi, di mana? Masih banyak yang belum tahu. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan