5 Fakta Tupai, Bisa Lompat hingga 3 Meter!

  • Bagikan
Tupai. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Tupai. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Tupai merupakan hewan yang banyak menghabiskan waktu hidupnya di atas pohon. Ada sebanyak 278 spesies tupai yang ada di dunia. Dan beragam pohon yang dipakai tupai untuk tempat tinggal bermanfaat untuk menjaganya dari serangan musuh dan melewati berbagai musim. So, ada banyak fakta menarik soal tupai yang Tugu Jatim akan bahas detail. Simak ya?

1. Manfaat Bulu Ekornya

Bulu yang ada di ekor tupai mempunyai beragam manfaat, salah satunya sebagai penghangat saat mereka menghadapi musim dingin. Selain itu, saat musim panas, tupai dapat memanfaatkan ekor lebatnya itu sebagai payung. Jadi, mereka tidak banyak terkena panas. Selain itu, ternyata ekor tupai bisa dipakai untuk penyeimbang dan menjaga komunikasi antar tupai.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

2. Tidak Pandai Menyelinap

Tupai termasuk hewan mamalia yang punya kemampuan begitu tajam dalam penglihatan yang fokus. Tupai dapat melihat sesuatu yang ada di sekelilingnya dengan begitu detail tanpa menggerakkan kepalanya sama sekali.

Namun, di samping kemampuannya yang luar biasa itu, tupai punya kelemahan lain yaitu tidak bisa melakukan penyelinapan yang baik sehingga terkadang mudah terkena sinar matahari dan terlihat oleh musuhnya. Hal itu terjadi karena fungsi lensa kuning yang ada di matanya terbatas dan tidak sebagus penglihatannya.

3. Dapat Melakukan “Deceptive Catching”

Apakah Anda tahu apa itu deceprive catching atau tipuan menangkap? Tupai dapat melakukan hal itu saat kacang sebagai makanan kesukaannya yang biasa disimpan di dalam tanah diketahui oleh musuhnya. Jadi, tupai tidak bakal memakai galian lubang penyimpan kacang yang sama. Mereka akan mencari galian lubang lain yang masih belum diketahui oleh musuhnya. Tujuannya, agar daya tampung makanan yang dimilikinya bisa dipakai untuk persediaan saat melewati musim dingin.

4. Kehadirannya Jadi Sosok Penting di Ekosistem

Tupai menyukai kacang. Kadang kacang yang  mereka miliki disembunyikan di galian tanah. Yang menarik dari tupai ialah mudah lupa di galian tanah sebelah mana meletakkan simpanan kacangnya. Jadi, kadang kacang-kacang yang mereka taruh di galian itu terlupakan itu dan dapat tumbuh menjadi pohon kacang baru. Hal itu bermanfaat bagi kelangsungan ekosistem makhluk hidup di sekitarnya. Unik ya? Lucu juga si tupai ini…

5. Lompatannya sampai 3 Meter

Hal menarik yang perlu Anda ketahui bahwa kemampuan tupai melompat bisa sampai setinggi 3 meter dalam satu lompatan. Hal itu membuatnya makin mudah menjelajahi berbagai bagian hutan dan pepohonan. Selain itu, juga membuat rumah di pohon yang satu dengan yang lain serta dapat bermanfaat dipakai untuk mencari pasokan makanan. Tupai dapat melompat setinggi dan sejauh itu karena didukung oleh anatomi tubuhnya di sekitar tangan yang dapat melebar secara otomatis sehingga dapat menimbulkan kesan bahwa mereka dapat terbang.

Itulah 5 fakta menarik mengenai tupai. Kalau bicara soal tupai, tiba-tiba teringat salah satu tokoh kartun yang bernama Sandy di serial Spongebob Squarepants ya… (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan