5 Fakta yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Soal Apple - Tugujatim.id

5 Fakta yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Soal Apple

  • Bagikan
Logo Apple, perusahaan di bidang komputer dan teknologi asal Amerika Serikat. (Foto: Pixabay)
Logo Apple, perusahaan di bidang komputer dan teknologi asal Amerika Serikat. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Kalian yang gemar dengan produk Apple apakah sudah mengenal betul mengenai produk yang kalian gunakan? Tepat agaknya bila kalian membaca artikel ini. Ada banyak fakta menarik dari perusahaan yang sempat dikepalai oleh Steve Jobs tersebut, selain terkenal dengan harganya yang dapat dijangkau oleh kelas menengah atas, Apple juga menyimpan berbagai teka-teki menarik yang belum banyak diketahui orang. Tugu Jatim sudah merangkum 5 fakta mengenai perusahaan yang sempat bangkrut dan dibantu berdiri lagi oleh Microsoft ini.

1. Tanggal Didirikannya Apple

Gaes, kalian sebagai pengguna iPhone apakah sudah tahu mengenai ini? Apple didirikan pada April Mop tahun 1976 dengan penggagasnya yang berjumlah tiga orang, yaitu Stephen Gary Wozniak, Steven Paul Jobs dan Ronald Gerald Wayne. Kemudian, Ronald Gerald Wayne menjual sahamnya sebesar $800 yang menjadi salah satu keputusan terburuk yang terjadi sepanjang hidupnya, mengingat kesuksesan Apple sekarang.

2. Pengorbanan Steve Jobs dan Stephen Gary Wozniak untuk Apple

Membangun perusahaan sebesar Apple bukan perjalanan yang begitu mudah, banyak sekali pengorbanan. Steve Jobs pernah menjual Volkswagen miliknya dan Stephen Wozniak menjual HP kalkulator ilmiah seharga $500. Keduanya melakukan pengorbanan besar untuk menjalankan perusahaan Apple, tapi mereka yakin itu akan terbayar saat Apple milik mereka semakin besar.

3. Teka-Teki Apple Memakai Logo Gigitan Buah Apel?

Nama ‘Apple’ dipilih karena kekaguman perusahaan pada sosok Issac Newton yang menemukan insight mengenai gaya gravitasi bumi. Ketika itu Newton duduk di bawa pohon, kemudian ada apel jatuh di atas kepalanya. Lantas kejadian simpel itu membuahkan ide yang besar, yang menjadi dasar dari teori fisika sampai sekarang. Dipilih buah apel bekas gigitan, karena logo apel tanpa digigit akan tampak sama dengan logo cerry dan tomat.

4. Perubahan Nama yang Terjadi pada Perusahaan Appel

Untuk 30 tahun pertama, Apple disebut dengan Apple Computer Inc, ketika mereka mulai memperluas rentang produk yang dijual di luar komputer namanya menjadi Apple Inc pada tanggal 09 Januari 2007. Sehingga, sekarang Apple dapat memproduksi berbagai teknologi yang tidak hanya komputer saja. Termasuk smartphone yang berbasis iOS itu.

5. Komputer Pertama Buatan Apple Inc

Komputer pertama Apple, bernama Apple 1 yang diluncurkan pada tahun 1976. Tidak termasuk keyboard, monitor atau case. Tapi itu benar-benar berbentuk sebuah papan sirkuit yang dirakit. Dengan begitu kalian hanya mendapat motherboard dan perakitan perlu dilakukan oleh konsumen sendiri.

Itulah 5 fakta mengenai perusahaan apple yang belum kamu ketahui. Menarik sekali bahas soal Apple, mengingat banyak smartphone yang diproduksi saat ini begitu diminati banyak orang, termasuk Indonesia. Semoga artikel satu ini bermanfaat untuk pembaca. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan