Tugujatim.id – Membangun bisnis bukanlah sesuatu yang mudah karena tentu banyak hal yang harus dipersiapkan, apalagi untuk pemula. Kamu bukan hanya sekadar memikirkan produk apa yang dijual dan berapa harganya. Kamu juga perlu melakukan persiapan yang matang lho.
Persiapan dalam membangun bisnis akan mencerminkan seberapa siap kamu dalam menghadapi dunia persaingan yang pastinya tidak mudah. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum membangun bisnis adalah konsep dari bisnis itu sendiri.
Kuatnya konsep bisnis nantinya akan berpengaruh ketika perusahaan berusaha mengambil sebuah keputusan. Perencanaan pun perlu dilakukan agar tujuan perusahaan akan lebih terarah. Apa saja yang perlu kamu persiapkan?
1. Tentukan Visi & Misi Perusahaan
Visi dan misi yang dibuat tentunya akan membuat bisnismu lebih terarah. Visi dan misi yang jelas akan membuat kamu memiliki tujuan jangka panjang. Selain itu, akan membantu dalam mewujudkannya. Dengan kata lain, visi dan misi akan membuat kamu lebih maksimal dalam bekerja dan berkomitmen atas apa yang sedang dikerjakan.
2. Mengevaluasi Lingkungan Eksternal Perusahaan
Selain berhubungan dengan konsumen dalam menjualkan produk, bisnismu tentu akan berhubungan dengan lingkungan eksternal. Tentunya kamu perlu mengevaluasi kondisi lingkungan sekitar perusahaanmu karena hal ini akan memengaruhi performa kinerja perusahaan.
Dalam lingkungan eksternal, kamu bisa mulai memperhatikan kondisi persaingan industri, ancaman dari pendatang baru, ancaman produk pengganti, kekuatan tawar-menawar pembeli, dan kekuatan tawar-menawar pemasok.
3. Persiapkan Produk dan Layanan
Hal terpenting ketika mendirikan sebuah usaha adalah tentang merencanakan apa yang akan dijual, value apa yang diberikan, serta apa perbedaannya dengan barang kompetitor sejenis. Hal ini perlu diperhatikan agar dapat memenangkan persaingan.
Kamu perlu membuat produk yang memiliki keunikan sehingga produk tersebut dapat menjadi jawaban atas pertanyaan konsumen. Untuk mengetahuinya bisa dimulai dengan mencari tahu apa yang menjadi kendala dalam kehidupan sehari-hari.
4. Analisis Pasar
Selain menjual produk, kamu perlu memperhatikan dan menganalisis pasar yang dimasuki. Mulai dari para kompetitor, kondisi persaingan, hingga analisis konsumen untuk mengetahui kebutuhan yang sedang dibutuhkan.
5. Analisis SWOT
Terakhir, kamu bisa lakukan analisis SWOT yang nantinya akan berhubungan dengan kesiapan menghadapi dunia bisnis. Analisis SWOT akan membantu kamu dalam melihat peluang serta ancaman nyata yang ada di sekitarmu. Jika dalam lingkup internal, analisis ini akan membantu kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk atau layanan yang kamu tawarkan.
Untuk membangun bisnis, pastikan kamu sudah mempersiapkan secara matang 5 rencana di atas agar perusahaan lebih mantap dalam menghadapi dunia persaingan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id
Writer : Iqmalia Bella Fortuna Toshi/Magang
Editor: Dwi Lindawati