Wisata  

5 Kuliner Khas Flores yang Wajib Anda Cicipi

Ilustrasi salah satu makanan khas Flores, Kue Rambut
Ilustrasi salah satu makanan khas Flores, Kue Rambut (Foto : Pinterst)

Tugujatim.idPulau Flores yang dikenal dengan pulau Nusa Bunga di Nusa Tenggara Timur memiliki cukup banyak destinasi wisata alam yang keren dan menakjubkan. Dari ujung barat Labuan Bajo hingga ujung Timur Larantuka. Pulau Flores juga selalu menyajikan lanskap alam yang tidak membosankan bagi para wisatawan.

Selain memiliki keindahan alam, Flores juga memiliki dan menyajikan sejumlah kuliner khas yang wajib Anda coba bila berlibur ke pulau Flores. Dilansir dari idntimes, berikut 5 rekomendasi kuliner khas Flores dari makanan utama hingga cemilan rnyah nan legit yang harus dicoba.

1. Jagung Catemak

Jagung Catemak merupakan makanan penutup khas Flores. Makanan satu ini berbahan utama jagung, kacang hijau dan labu. Olahan makanan penutup ini memiliki rasa asin dan gurih yang bisa menggugah selera, lho. Catemak jagung bisanya dijadikan menu buka puasa, bahkan hidangan yang satu ini sangat cocok untuk menu makan siang.

2. Jagung Bose

Jagung Bose mirip dengan catemak, berbahan dasar jagung dengan tambahan kacang merah. Jagung Bose menjadi hidangan khas masyarakat Flores sangat cocok untuk dijadikan cemilan saat kapan pun, untuk sarapan atau makan malam.

3. Kue Rambut

Kue rambut merupakan makanan khas yang berasal dari pulau Flores. Biasa dihidangkan saat acara istimewa maupun acara adat. Selain itu kue rambut ini dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari daerah Flores.

Cemilan kue ini memiliki bentuk yang unik, mirip bihun yang digoreng kering berbentuk agak bergelombang seperti rambut keriting. Kue yang berbentuk segitiga ini memiliki aroma khas, campuran aroma tepung yang digoreng dengan wangi gula merah.

4. Jagung Titi

Selain Jagung Bose dan Catemak, Flores juga masih memiliki makanan khas lain, yaitu Jagung Titi yang menjadi makanan favorit.

Dilansir dari merdeka.com, jagung yang digunakan adalah jagung pulut. Jagung jenis ini memiliki biji  dengan tekstur lengket sehingga gampang hancur saat ditumbuk, tidak sama dengan biji jagung hibirida yang keras.

Jagung Titi tidak terlalu populer di masyarakat sebab dalam proses pembuatannya cukup spesifik. Dikerjakan oleh orang-orang tertentu secara turun temurun. Hal unik dalam proses pembutan Jagung Titi adalah proses adukan hingga mengangkat biji jagung dari periuk panas dilakukan tanpa menggunakan alat apapun, hanya menggunakan jari tangan dari si pembuat jagung ini.

5. Kolo

Kolo atau disebut dengan nasi bambu merupakan nasi bakar yang dimasak dalam sebilah bambu muda dengan panjang kira-kira 30 sentimeter. Untuk masaknya biasanya ditaruh di atas bara api untuk dibakar.

Kolo memiliki rasa yang sangat gurih dan nikmat. Cita rasanya semakin alami manakala dimasak dengan cara dibungkus daun pisang. Kolo juga dapat disajikan dengan ditemani aneka jenis sayuran dan lauk pauk.

Itulah 5 makanan khas Flores yang wajib Anda cicipi. Kalau Anda berkesempatan liburan ke Flores, jangan sampai lupa untuk makan makanan khas itu ya. Dijamin tidak akan nyesel deh.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim