5 Mobil Listrik Tercepat di Dunia, Inspirasi Dunia Otomotif dan Energi - Tugujatim.id

5 Mobil Listrik Tercepat di Dunia, Inspirasi Dunia Otomotif dan Energi

  • Bagikan
Salah satu mobil listri buatan Tesla, Tesla Roadster yang mampu menembus kecepatan 402 kmph. (Foto: Dokumen/Tesla) tugu jatim
Salah satu mobil listri buatan Tesla, Tesla Roadster yang mampu menembus kecepatan 402 kmph. (Foto: Dokumen/Tesla)

Tugujatim.id – Mobil listrik semakin banyak diminati oleh konsumen otomotif. Bahkan, sederet perusahaan mobil pun berlomba-lomba untuk menciptakan mobil listrik terobosan terbaru.

Hypercar memang menawarkan sederet fitur yang semakin menunjang perjalanan, serta ditambah dengan sentuhan desain mobil yang kian beragam.

Teknologi canggih mobil listrik seperti fast-charging yang tentunya dapat meningkatkan kapasitas baterai. Dibantu dengan berbagai kecanggihan, tentunya dapat menjadi magnet tersendiri yang dimiliki mobil listrik.

Dilansir dari Top Gear, terdapat lima mobil listrik tercepat di dunia. Lalu, apa saja lima kandidat supercar itu? Berikut TuguJatim.id telah merangkumnya spesial untuk Anda.

1. Lotus Evija

Lotus Evija. (Foto: Dokumen/Lotus Cars) tugu jatim
Lotus Evija. (Foto: Dokumen/Lotus Cars)

Perusahaan mobil ternama Lotus turut menciptakan supercar listrik. Mobil asal Inggris ini termasuk tipe mobil listrik andalan yang memiliki akselerasi Formula 1.

Memiliki empat motor elektrik yang menjadi penggerak keempat roda, dengan output sebesar 1.972 tenaga kuda dan torsi 1.700 Nm. Top speed-nya Lotus Evija disebut bisa mencapai 320 km/jam.

2. Pininfarina Battista

Pininfarina Battista. (Foto: Dokumen/Pininfarina) tugu jatim
Pininfarina Battista. (Foto: Dokumen/Pininfarina)

Pininfarina Battista dikenal sebagai mobil listrik paling kuat, produksi dari perusahaan karoseri yang berpusat di Turin, Italia. Berhasil menjangkau pasar dengan paket baterai lithium ion 120 kWh, Pininfarina Battista mampu menghasilkan tenaga 1.874 tenaga kuda (1.397 kilowatt) dan torsi 1.649 pon-kaki (2.300 Newton-meter).

Performa dari mobil Pininfarina Battista, bahkan diklaim mampu mencapai 62 mil per jam (100 kilometer per jam) dalam waktu kurang dari dua detik dengan kecepatan tertinggi 218 mph atau 350 km per jam.

3. Tesla Roadster

Tesla Roadster memiliki kecepatan melesat dari 0-60 mph dalam 1,9 detik, 0-100 mph dalam 4,2 detik dan seperempat mil dilakukan dalam 8,8 detik. Sebagai kecepatan tertingginya lebih dari 250 mph atau skiter 402 km per jam.

Bahkan, mobil produksi Tesla Motors ini dapat lebih cepat daripada sportcar bermesin konvensional. Mengerikannya, Tesla Roadster mendekati performa hypercar tercepat di dunia, Bugatti Chiron dan Koenigsegg Agera RS.

4. Aspark Owl

Mobil listrik Aspark Owl. (Foto: Dokumen Aspark Company) tugu jatim
Mobil listrik Aspark Owl. (Foto: Dokumen Aspark Company)

Sebuah perusahaan rintisan asal Jepang berhasil menciptakan mobil listrik berakselerasi tinggi. Mobil hypercar listrik ini bernama Aspark Owl yang memiliki desain pintu kupu-kupu.

Aspark Ow ditunjang dengan empat motor listrik dengan total 1.984 hp dan torsi 1475 lb-ft yang mampu melaju 0-60 mph dalam 1,7 detik dan kecepatan tertinggi hingga 249 mph atau sekitar 400 km per jam.

5. Ariel P40

Hadirnya terobosan hypercar dari Ariel juga mengulik rencana membangun mobil all-electric yang disebut P40. Mobil kecepatan tinggi yang bisa melaju 0-100 mph dalam 3,8 detik dan kecepatan tertingginya mencapai 155 mph atau sekitar 249 km per jam

Mobil ini hanya memiliki beratnya 1.500 kg, dilengkapi dengan empat motor listrik. Masing-masing memberikan tenaga yang sama dengan motor Tipe R supercharged.

  • Bagikan