Izin Masuk Mal untuk Anak Usia 12 Tahun ke Bawah di Kota Malang Tunggu Restu Wali Kota - Tugujatim.id

Izin Masuk Mal untuk Anak Usia 12 Tahun ke Bawah di Kota Malang Tunggu Restu Wali Kota

  • Bagikan
Salah satu pusat perbelanjaan di Kota Malang. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim) masuk mal
Salah satu pusat perbelanjaan di Kota Malang. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Wacana kebijakan anak usia 12 tahun ke bawah boleh masuk ke dalam mal tampaknya bisa segera terealisasi di Kota Malang. Bahkan, pihak pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga telah merestuinya di tempat wisata. Hanya saja, untuk pusat perbelanjaan, hal ini masih harus menunggu kebijakan dari Wali Kota Malang.

“Dari Kemenparekraf sudah ada sinyal bahwa pemerintah daerah boleh diskresi. Artinya kebijakan dari Pemda setempat,” ujar Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, Minggu (17/10/2021).

Menurutnya, Menarekraf, Sandiaga Uno juga telah menyampaikan bahwa masyatakat banyak yang mengeluhkan kebijakan pembatasan usia tersebut. Sehingga Kemenparekraf memberikan kelonggaran atas kebijakan tersebut.

Suasana pengunjung yang mulai berdatangan ke dalam pusat perbelanjaan di Kota Malang, Matos. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Suasana pengunjung yang mulai berdatangan ke dalam pusat perbelanjaan di Kota Malang, Matos. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

“Kemarin Menteri Parekraf bilang terkait kebijakan 12 tahun, keluarga biasanya masuk, orang tuanya masuk, anaknya ditinggal di luar kan nggak mungkin. Sehingga pemerintah daerah diberikan membuat kebijakan sendiri namanya diskresi,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa nantinya anak yang diizinkan masuk mal tersebut, orang tuanya harus sudah divaksin dengan dibuktikan melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Pihaknya juga menegaskan bahwa baik anak maupun orang tua yang berkunjung di mal harus menerapkan prokes dengan disiplin.

“Maka jaga jarak harus ditaati betul. Karena dikhawatirkan ada gelombang 3 di Desember itu perkiraannya kan. Siapa yang mau sakit. Itu yang harus kita perkuat dan masyarakat harus patuh,” paparnya.

Namun pihaknya masih harus meminta restu kepada Wali Kota Malang sebagai penentu kebijakan di Kota Malang. Sehingga kebijakan resmi untuk pelonggaran pembatasan usia ini bisa segera diterbitkan.

“Sebelumnya Wali Kota Malang juga sudah membuat surat kepada Kemenkes tentang kebijakan itu, terkait agar anak usia di bawah 12 tahun diizinkan masuk mal,” ucapnya.

  • Bagikan