5 Pelatih Sepak Bola Tersukses Abad 21 - Tugujatim.id

5 Pelatih Sepak Bola Tersukses Abad 21

  • Bagikan
Sir Alex Ferguson kala masih melatih Manchester United tahun 2006. (Foto: Wikipedia/Creative Common)
Sir Alex Ferguson kala masih melatih Manchester United tahun 2006. (Foto: Wikipedia/Creative Common)

Tugujatim.id – Dalam sepak bola, semua orang yang bermain di tengah lapangan atau yang bekerja di balik layar sebagai penggerak tim selalu diperhatikan dan dinilai oleh publik. Salah satunya, penilaian terhadap pelatih terbaik di dunia pada abad ke-21 ini. Mengingat pelatih ialah sosok yang menyusun strategi dan berbagai manajemen tim agar selalu menang dalam setiap pertandingan.

Apakah sudah punya gambaran nama siapa saja yang bakal muncul? Apakah ada pelatih yang kamu kagumi? Simak 5 nama pelatih sepak bola tesukses abad ke-21!

1. Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson. Pasti kalian sudah pernah mendengar nama ini bukan? Sosok pelatih yang sukses membawa Manchaster United ini merupakan salah satu terbaik dan tersukses tingkat dunia di abad 21 ini. Pelatih asal Skotlandia itu sempat memeroleh 7 gelar Liga Primer Inggris, 1 gelar Liga Champion, 1 gelar Piala FA, 3 gelar English League Cup (sekarang Carabao Cup), 1 gelar Piala Dunia Antarklub dan 5 gelar English Super Cup. Sir Alex Ferguson juga sempat dinobatkan sebagai pelatih terbaik tahun 2007.

2. Jose Mourinho

Jose Mourinho. (Foto: Instagram/Jose Mourinho)
Jose Mourinho. (Foto: Instagram/Jose Mourinho)

Jose Mourinho selalu menjadi orang yang kontroversial selama menjadi pelatih. Kalian kenal nama ini? Pasti kenal. Semua penggemar sepak bola tahu nama Jose Mourinho. Ia termasuk dalam salah satu pelatih terbaik dan tersukses di abad 21. Klub pertama yang dilatihnya yaitu Benfica pada musim 2000/2001. Lalu ia berpetualan dengan melatih Leiria, FC Porto, Chelsea FC, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United dan sekarang melatih Tottenham Hotspur.

Prestasi yang dicapai Jose Mourinho sangat menawan. Pria kebangsaan Portugal itu meraih 3 gelas Liga Primer Inggris, 2 gelar Liga Champion, 1 gelar LaLiga, 2 gelar Serie A, 2 gelar Liga Portugal dan 2 gelar Europa League. Selain itu, prestasi yang diraih Jose Mourinho ialah dinobatkan oleh the Special One sebagai pelatih terbaik dunia tahun 2003, 2004, 2009 dan 2011.

3. Pep Guardiola1

Pria satu ini mudah dikenali. Dengan kepala yang plontos dan postur tubuh yang tinggi semampai, Pep Guardiola juga termasuk salah satu pelatih terbaik di abad 21 ini. Kualitasnya sudah tidak diragukan. Mulai karir menjadi pelatih Barcelona B musim 2007/2008. Kemudian berlanjut ke pelatih Barcelona, Bayern Munchen, serta Manchester City.

Prestasinya amat baik. Capaian gelar yang diraih Pep Guardiola antara lain 2 gelar Liga Champion, 2 gelar Liga Primer Inggris, 3 gelar LaLiga, 3 gelar Bundesliga, 3 gelar Piala Dunia Antarklub, 3 gelar UEFA Super Cup, 1 gelar Piala FA dan 2 gelar Copa Del Rey. Sampai sekarang Pep menjadi pelatih di Manchester City.

4. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti. (Foto: Instagram/Carlo Ancelotti)
Carlo Ancelotti. (Foto: Instagram/Carlo Ancelotti)

Sosok Carlo Ancelotti juga termasuk dalam jajaran pelatih tersukses abad 21. Carlo sudah amat berpengalaman, tentu saja, tidak diragukan lagi kiprahnya sebagai pelatih begitu mengharumkan. Ia pernah melatih di Juventus, AC Milan, Chelsea, PSG, Real Madrid, Bayern Munchen, Napoli dan klub yang ditanganinya sekarang ialah Everton.

Don Carlo, panggilan Carlo Ancelotti, telah meraih prestasi seperti 3 gelar Liga Champion, 1 gelar Liga Primer Inggris, 1 gelar Piala FA, 1 gelar LaLiga, 1 gelar Bundesliga, 1 gelar Serie A, 1 gelar Coppa Italia, 1 gelar Piala Super Italia, 1 gelar Ligue 1, 2 gelar Piala Dunia Antarklub dan 3 gelar UEFA Super Cup.

5. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane. (Foto: Instagram/Zidane)
Zinedine Zidane. (Foto: Instagram/Zidane)

Zinedine Zidane memiliki kualitas yang meyakinkan. Zidane juga termasuk salah satu pelatih tersukses di abad 21 ini, memulai karir di asisten Real Madrid pada musim 2013/2014. Baru pada musim 2015/2016 ia menjadi pelatih Real Madrid. Sempat berpisah selama separuh musim, namun kiprahnya masih bertahan hingga sekarang di Real Madrid.

Prestasi yang sudah diperoleh Zidane ialah 3 gelar Liga Champion, 2 gelar LaLiga, 2 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Piala Dunia Antarklub dan 2 gelar UEFA Super Cup. Ia saat ini berusia sekitar 48 tahun, sempat menjadi pelatih terbaik dunia di tahun 2017 dan 2018.

Itulah 5 pelatih tersukses dan terbaik di tahun 2021 ini. Apakah ada nama pelatih yang kalian kagumi? Siapakah nama pelatih itu? Atau apakah ada pelatih terbaik lagi yang belum ada di daftar ini? Silakan tulis di kolom komentar! Prestasi pelatih memang sangat berdampak pada kemajuan dan perkembangan klub sepak bola. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan