5 Rahasia Orang Jepang Berumur Panjang

5 Rahasia Orang Jepang Berumur Panjang

  • Bagikan
Salah satu potret orang Jepang yang suka berjalan kaki untuk menjaga kesehatan tubuhnya/tugu jatim
Salah satu potret orang Jepang yang suka berjalan kaki untuk menjaga kesehatan tubuhnya. (Foto : Pexels)

Tugujatim.idJepang ialah  negara yang memiliki usia harapan tinggi di dunia. Dilansir dari Koran Jakarta, rata-rata harapan hidup orang Jepang pada 2020 adalah 87 tahun untuk wanita, dan 81 tahun untuk pia. Bahkan, populasi centenarian atau orang-orang yang mencapai umur 100 tahun ke atas di Jepang sangat banyak dibandingkan negara lain.

Hal itu membuat banyak orang bertanya, bagaimana bisa orang Jepang berumur panjang bahkan terlihat bugar dan sehat di usia tua?  Orang Jepang bisa berumur panjang karena pola hidup yang ideal. Berikut 5 rahasia umur panjang orang Jepang

1. Kebiasaan Makan Sehat

Ketika menonton film atau anime Jepang terlihat pola makan sehat yang menjadi kebiasaan dalam suatu keluarga di negeri Sakura itu. Mereka memiliki kebiasaan mengonsumsi ikan yang kaya omega, sayur-sayuran, rumput laut, makanan hasil fermentasi, dan juga nasi dalam porsi kecil. Mereka juga lebih suka dengan makanan yang segar dibandingkan yang sudah diproses, sehingga gizi dalam makanan lebih terjaga.

2. Hidup dengan Konsep “Ikigai”

Ikigai adalah konsep yang menjelaskan tentang nilai atau makna kehidupan. Konsep ini sangat bagus diterapkan agar manusia mempunyai harapan dan pandangan ke depan tentang  kehidupan yang lebih terarah.

Melalui Ikigai mereka menerapkan pola hidup yang bagus mulai bangun pagi sampai tidur di malam hari. Orang-orang di negara Matahari Terbit itu menjalani hidup dengan menggunakan waktu sebaik mungkin, disiplin, bahagia dengan hal-hal yang kecil dan memahami impian mereka. Hal yang paling penting konsep ini mengajarkan orang Jepang untuk mengerti alasan atau nilai ketika ingin berbuat sesuatu.

3. Hobi Berjalan Kaki

Orang Jepang sangat suka berjalan kaki dalam kegiatan sehari-hari. Hal itu membuat mereka lebih sehat. Jalan kaki memiliki manfaat sangat banyak, di antaranya menurunkan berat badan,  menjaga kesehatan jantung, menenangkan pikiran, mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dst. Jadi, tidak heran jika mereka berumur panjang, karena mereka sudah investasi kesehatan tubuh dengan kebiasaan berjalan kaki.

4. Tingkat Obesitas Rendah

Orang Jepang pada umumnya memiliki bentuk tubuh yang ideal dan langsing. Tingkat obesitas di Jepang rendah. Ini sangat bagus, apalagi dampak obesitas menakutkan dari segi kesehatan. Obesitas mudah mendatangkan banyak penyakit.

5. Hidup Bersih

Orang Jepang sangat menjaga kebersihan, terlihat dari negaranya yang sangat bersih. Mereka tidak  membuang sampah sembarangan. Kalau membuang sampah membedakan sampah sesuai jenisnya.  Mereka juga sangat disiplin dengan kebersihan diri dan lingkungan. Jadi wajar jika orang Jepang  tidak rentan terhadap kuman pembawa penyakit. Kuman tidak berani mendekat karena pola hidup bersih yang dijaganya.

Itulah rahasia umur panjang orang Jepang. Semoga kita bisa menirunya!

  • Bagikan