5 Rekomendasi Film Pendek yang Bisa Dinikmati secara Gratis di YouTube - Tugujatim.id

5 Rekomendasi Film Pendek yang Bisa Dinikmati secara Gratis di YouTube

  • Bagikan
Tampilan poster film Tilik. Salah satu film pendek yang bisa ditonton gratis di YouTube (Foto: Dokumen)
Tampilan poster film Tilik. Salah satu film pendek yang bisa ditonton gratis di YouTube (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Di masa PPKM Darurat ini kegiatan di luar rumah seperti ngopi, nongkrong, dan jalan ke tempat hiburan untuk sementara waktu terpaksa ditunda sehingga kita terpaksa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Waktu yang terlalu banyak dihabiskan di rumah saat PPKM seringkali membuat kita merasa gabut dan bingung mau menghabisakan waktu di rumah dengan kegiatan apa. Nah, daripada bingung mau menghabiskan waktu dengan kegiatan apa, Tugu Jatim merekomendasikan pembaca untuk menghabiskan waktu di rumah semasa PPKM ini dengan menonton film pendek.

Pembaca tidak perlu merasa waktunya akan tersita banyak, sebab film pendek yang kami rekomendasikan ini durasinya tak lebih dari satu jam. Jadi pembaca hanya perlu menyisihkan sedikit waktu di sela-sela kejenuhan. Kemudian pembaca juga tidak perlu khawatir dengan biaya untuk menonton film, kali ini kami merekomendasikan film yang bisa ditonton gratis.

Berikut adalah rekomendasi 5 film pendek keren yang bisa ditonton gratis di YouTube:

1. Lemantun (2014)

Film ini berkisah tentang seorang ibu yang membagikan warisan ke lima anaknya. Namun warisan ini bukan kekayaan yang berlimpah, sebuah petak tanah, perhiasan, atau barang-barang berharga. Ibu ini mewariskan lemari untuk kelima anaknya. Lemari yang diberikan adalah lima lemari yang ada di rumah Ibu. Kelima lemari tersebut mempunyai sejarah dan kisah-kisah sendiri di baliknya.

Film ini cocok sebagai tontonan keluarga dengan banyaknya hal sentimentil yang bisa dipetik. Film ini meraih berbagai penghargaan di berbagai ajang penghargaan seperti Piala Maya, XXI Short Film Festival, dan Apresiasi Film Indonesia.

2. The Neighbor’s Window (2019)

Film ini adalah pemenang nominasi Best Live Action Short Film di Academy Award (Oscar) 2020. Film ini tentang sepasang suami istri yang iri dengan kehidupan tetangga di seberang apartemen yang terlihat indah dan penuh kebahaagiaan. Namun keirian itu hanya dugaan mereka saja yang dilihat dari kaca rumahnya. Mereka hanya menduga tanpa tahu kehidupan yang sebenarnya dari tetanggnya itu.

Cerita sederhana namun penuh makna adalah poin utama dalam film ini. Kemudian sinematografi dan pengambilan gambar yang sempurna membuat film ini dapat membuat penonton lebih dekat dan turut terlibat nyata dalam cerita.

3. Natalan (2015)

Hari raya adalah momen terbaik untuk berkumpul dengan orang-orang tercinta. Seperti dalam film ini, seorang anak berjanji akan pulang dan merayakan Natal bersama ibunya di kampung halaman.

Seperti layaknya seorang ibu, ibu dalam film ini juga antusias menyambut kedatangan anaknya. Kerinduan yang cukup mendalam terhadap danrasa senang yang memuncak menunggu kedatangan anaknya membuat ibu sibuk lintang pukang menyiapkan tetek bengek untuk menyambut anakanya.

Namun rencana pertemuan dan perayaan Natal tersebut tak semulus seperti yang direncanakan. Berbagai halangan tersebut membuat film yang masuk nominasi film pendek terbaik Festival Film Indonesia ini cukup menyedihkan. Meski tidak ada adegan menangis tersedu-sedu, film ini mampu membuat penontonnya larut dalam rasa iba dan membuat air mata keluar dari hulunya.

4. Tilik (2018)

Film ini sudah ditonton lebih dari 25 juta kali d YouTube. Film yang sempat viral di tahun 2020 saat peluncuran pertamanya di YouTube ini berceirta tentang serombongan orang menjenguk orang sakit. Rombongan tersebut menaiki truk. Obrolan di atas truk selama perjalanan penuh hal lucu dan menggelitik. Hal lucu dan menggelitiknya berupa obrolan khas ibu-ibu. Sebagai pengisi waktu senggang, film ini adalah sebuah tontonan yang cukup menghibur. Bagi yang belum menonton silakan segera ditonton. Untuk yang sudah menonton, film ini masih cukup layak untuk ditonton kembali.

5. Float (2019)

Film terakhir yang kami rekomedasikan ini adalah sebuah film pendek animasi. Float ini berkisah tentang seorang anak kecil yang mempunyai hal berdeda dengan anak-anak lain atau anak pada umumnya. Anak tersebut bisa terbang. Sang ayah merasa malu dengan anaknaya yang bisa terbang itu. Sang Bapak menyembunyikan kemampuan anaknya yang bisa terbang. Namun suatu hari sang ayah mengajak anaknya keluar rumah dengan mengikat anaknya dengan tali. Namuan sang ayah akhirnya luput dan orang-orang tahu anak tersebut bisa terbang. Meski durasinya tak lebih 10 menit, film ini menawarkan sebuah nilai luar biasa yang dapat diambil oleh penonton.

Nah, itu dia 5 film pendek rekomendasi Tugu Jatim yang bisa ditonton gratis di YouTube. Jadi tak usah bingung untuk mengisi kekosongan-kekosongan kalian selama di rumah. Film pendek merupakan tontonan yang baik untuk menemani kekosongan-kekosongan tersebut. Selamat menonton!

  • Bagikan