5 Serial Anime Populer Jepang untuk Kalian yang Ingin Nostalgia Tahun 90-an

Anime populer Jepang. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Kumpulan karakter anime. (Foto: Pinterest)

JEPANG, Tugujatim.id – Tahun 2022 telah menjadi tahun besar lainnya untuk anime populer Jepang dengan berbagai serial TV seperti Mob Psycho 100 dan Chainsaw Man siap untuk tayang perdana dan film One Piece Red yang baru-baru ini cukup sukses di box office. Meski anime sekarang cukup banyak perkembangan dari sebelumnya, tapi ada banyak anime klasik dari tahun 90-an yang layak untuk dicoba atau dikunjungi kembali untuk penggemar nostalgia.

1. Sailor Moon

Anime populer Jepang. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Poster Anime Sailor Moon. (Foto: Pinterest)

“Dengan kekuatan bulan, aku akan menghukummu!” Sebagian besar anak-anak yang tumbuh di tahun 90-an akan mengingat Sailor Moon dan adegan transformasi, bersama dengan kalimat ikonik barusan tadi.

Sailor Moon menceritakan tentang seorang siswi berusia 14 tahun yang baik hati bernama Usagi Tsukino. Dia bertemu dengan kucing ajaib yang bisa berbicara bernama Luna. Sedangkan Luna menganugerahkan kepada Usagi kekuatan untuk berubah menjadi gadis penyihir berpakaian seragam pelaut.

Dengan kekuatan barunya, Usagi harus mengalahkan kekuatan jahat Kerajaan Kegelapan dan menyelamatkan putri bulan, Putri Serenity. Usagi bergabung dengan sesama Sailor Guardians – Sailor Mercury, Sailor Mars, Sailor Jupiter, dan Sailor Venus. Menggunakan ikatan persahabatan yang kuat, mereka membela bumi dan berjuang untuk melindungi alam semesta dari kekuatan jahat.

2. Detective Conan

Anime populer Jepang. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Poster Anime Detective Conan. (Foto: Pinterest)

Serial Detective Conan bermula dari Shinichi Kudo, seorang siswa SMA yang menawan dan seorang detektif yang brilian. Bakatnya untuk memecahkan misteri yang kompleks dan rumit membuat Organisasi Hitam merasa terancam. Saat dalam penyelidikan, sindikat penjahat menangkapnya dan memaksanya untuk menelan racun. Alih-alih membunuhnya, racun itu membuatnya menyusut dan berubah menjadi anak kecil.

Shinichi dipaksa untuk bertindak sebagai siswa SD dengan nama Conan. Dia bersama dengan Ran Mori, teman masa kecilnya, dan ayahnya, Kogoro Mori, seorang detektif swasta bersatu untuk memecahkan berbagai macam kasus. Setiap kali Conan memecahkan sebuah kasus, dia membuat pingsan Kogoro dan mengungkapkan temuannya dengan menyamar dan mengubah suaranya.

Detective Conan adalah serial anime populer Jepang yang sangat dicintai karena misterinya yang kompleks dan momen mendebarkan ketika sebuah kasus dipecahkan. Penggemarnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

3. Dragon Ball Z

Anime populer Jepang. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Poster Anime Dragon Ball Z. (Foto: Pinterest)

Tidak diragukan lagi salah satu serial anime populer Jepang paling berpengaruh sepanjang masa dengan beberapa karakter paling ikonik yang pernah ada. Dragon Ball sangat sukses dengan konsep “Super Saiyans” dan karakter seperti Goku dan Vegeta serta jurus pamungkasnya kamehameha hampir langsung dikenali para penggemarnya.

Dragon Ball Z menceritakan tentang petualangan Son Goku dalam melindungi bumi dari serangan alien andorid dan musuh dengan kekuatan sihir. Dalam petualangannya, Son Goku juga memiliki tujuan untuk menemukan 7 bola naga yang mana jika terkumpul semuanya maka dapat mengabulkan seluruh permintaan.

4. Rurouni Kenshin

Anime populer Jepang. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Poster Anime Rurouni Kensin. (Foto: Pinterest)

Serial ini berpusat pada perjalanan Himura Kenshin yang awalnya seorang pembunuh. Pembunuh itu berubah menjadi pendekar pedang pengembara yang cinta damai. Dengan ujungnya di sisi pedang yang salah, pedang itu melambangkan tekad Kenshin untuk tidak pernah mengambil nyawa orang lain lagi, dan tekadnya untuk melindungi perdamaian yang baru ditemukan di Jepang.

Rurouni Kenshin juga dikenal sebagai Samurai X, sebutan itu tercipta dari bekas lukanya yang khas berbentuk X di wajahnya. Ini adalah salah satu serial anime yang paling banyak ditonton di Jepang sepanjang masa. Rurouni Kenshin memiliki beberapa seri dan film spin-off, dan bahkan adaptasi film live-action yang sesuai dengan cerita sebenarnya.

5. Gundam Wing

Anime populer Jepang. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Poster Anime Gundam Wing. (Foto: Pinterest)

Berlatar tahun 2200-an, Gundam Wing menceritakan perang antara bumi dan koloni orbitnya di luar angkasa. Bumi menindas koloni luar angkasanya dengan kekuatan militernya. Sementara koloni mencari kemerdekaan di bawah bendera seorang pemimpin pasifis sampai dia dibunuh.

Dan 20 tahun setelah pembunuhannya, 5 pilot dari koloni luar angkasa yang tertindas dikirim ke bumi dengan mobile suit canggih mereka yang juga dikenal sebagai Gundam untuk mengalahkan organisasi bayangan. Dengan melakukan itu, mereka dapat mengalahkan Aliansi Persatuan Bumi yang tirani dan membebaskan koloni.