5 Tips Inspirasi Foto Keluarga Terlihat Estetik saat Lebaran, Cocok Diunggah di Medsos! - Tugujatim.id

5 Tips Inspirasi Foto Keluarga Terlihat Estetik saat Lebaran, Cocok Diunggah di Medsos!

  • Bagikan
Foto keluarga. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi foto keluarga saat Lebaran. (Foto: Pexels)

PASURUAN, Tugujatim.id – Zaman sekarang yang ditunggu saat perayaan Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah adalah berkumpul bersama keluarga. Saat momen itu biasanya yang dinanti adalah foto keluarga untuk mengabadikan momen.

Karena itu, untuk mendapatkan foto keluarga terbaik tidak melulu harus pergi ke studio. Anda bisa juga lho membuat hasil yang apik sekaligus estetik untuk dipamerkan di media sosial.

Berikut 5 tips inspirasi foto keluarga saat Lebaran ala Tugu Jatim:

1. Atur Gaya dan Ekspresi Wajah sebelum Foto

Untuk mendapatkan hasil terbaik, salah satunya dengan bergaya seekspresif mungkin. Anda tentunya tidak ingin kan setelah melihat hasil foto, ternyata ekspresi wajah justru terlihat datar atau bahkan murung.

Karena itu, ada baiknya Anda merundingkan pada anggota keluarga terkait konsep foto yang diinginkan. Pastikan saat foto, seluruh anggota keluarga sedang dalam mood yang baik sehingga ekspresi ceria akan terpancar keluar. Anda juga bisa memilih konsep foto candid agar terlihat senatural mungkin.

2. Atur Posisi Anggota Keluarga

Selain mengatur gaya dan ekspresi wajah, posisi anggota keluarga saat berfoto juga perlu diperhatikan. Sebelum menjepret, pastikan jarak antar anggota keluarga tidak terlalu renggang atau terlalu berdesakan.

Agar komposisi enak dilihat, tempatkan kedua orang tua berada di tengah-tengah. Sementara anggota keluarga yang lain bisa menyesuaikan di sampingnya.

Anda juga bisa mengatur posisi sesuai tinggi badan. Jangan sampai orang yang lebih tinggi justru menutupi anggota keluarga yang lain. Pastikan komposisi foto terlihat padat dan tak ada banyak ruang kosong yang tersisa.

3. Pilih Spot Terbagus di Indoor maupun Outdoor

Selain ekspresi yang kuat, keestetikan sebuah foto keluarga juga ditentukan dari spot atau lokasinya. Untuk bisa berfoto bersama, apalagi dengan keluarga besar diperlukan spot foto yang luas.

Salah satu spot yang bisa digunakan adalah ruang tamu. Anda juga harus memperhatikan komposisi fotonya.

Manfaatkan benda-benda unik di sekitar, seperti kursi dan perabotan antik di rumah kakek-nenek. Singkirkan pula benda-benda yang tidak penting, seperti toples kue atau sampah-sampah yang berserakan.

Jika ruang tamu tidak cukup besar, Anda juga bisa mempertimbangkan spot foto outdoor, seperti di area taman dan halaman rumah. Di area luar rumah, anggota keluarga bisa berekspresi dengan bebas tapi harus berdesak-desakan.

4. Atur Pencahayaan yang Pas

Setelah menemukan konsep dan spot foto terbaik untuk keluarga, kini saatnya Anda harus memastikan pengaturan cahaya yang pas. Pastikan spot yang dipilih punya cahaya yang cukup, tidak terlalu terang maupun tidak terlalu gelap.

Untuk Anda yang ingin berfoto di dalam ruangan, ada baiknya untuk membuka seluruh jendela agar cahaya matahari bisa masuk. Jika terasa masih gelap, bisa dipertimbangkan pula untuk menggunakan lampu flash atau ringlight untuk menambah cahaya.

Sementara untuk spot foto outdoor, pastikan jika sesi foto keluarga dilakukan saat pagi hari. Karena cahaya sinar matahari pagi tidak terlalu terik dan menyilaukan mata. Hindari pula untuk foto membelakangi cahaya matahari.

5. Gunakan Tripot HP atau Kamera

Saat berfoto bersama keluarga besar, ada baiknya jika Anda menyiapkan tripot baik untuk HP maupun kamera. Dengan adanya tripot, Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan masuk dalam bingkai foto.

Tripot juga memudahkan Anda agar tidak perlu bergantian dengan anggota keluarga lain untuk jadi juru kamera. Sehingga seluruh anggota bisa masuk dalam bingkai foto dalam sekali jepretan.

Hasilnya pun akan lebih tajam karena penggunaan tripot membuat kamera lebih stabil dan bisa meminimalisasi getaran. Jangan lupa untuk atur fokus foto secara manual terlebih dulu. Siapkan pula waktu timer yang cukup agar Anda bisa memosisikan diri bersama keluarga sebelum kamera menjepret.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan