5 Tips Menabung untuk Mahasiswa di Tanah Rantau

5 Tips Menabung untuk Mahasiswa di Tanah Rantau

  • Bagikan
Ilustrasi Menabung.
Ilustrasi Menabung. (Foto: Pinterest)

Oleh: M. Ficky Haris Ardiansyah*
Tugujatim.id – Sebagai mahasiswa yang memilih untuk merantau dalam menuntut ilmu, terkadang mengatur keuangan menjadi salah satu masalah yang sering dirasakan. Karena itu, mahasiswa di rantau harus cermat dalam mengatur pengeluaran kebutuhan dan keinginan lainnya. Penasaran bagaimana cara yang tepat untuk menabung bagi mahasiswa? Simak 5 tips di bawah ini, yuk.

1. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Tips yang pertama adalah mencatat pengeluaran dan pemasukan tiap bulan yang merupakan kunci menabung dan mengatur keuangan dengan baik.

Tips yang pertama ini bukanlah hal yang sepele, karena dengan mencatat pengeluaran akan membantu mengelola uang yang dimiliki. Hal ini juga bisa menjadi evaluasi apa saja pengeluaran terbesar setiap bulannya, apakah hal itu merupakan sesuatu yang penting atau tidak.

2. Buat Target Bulanan dengan Maksimal

Ketika sudah mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan baik, namun masih susah dalam mengatur keuangan, mungkin kamu butuh untuk “memaksa” dalam berhemat. Kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan membuat target maksimal tiap bulannya, atau tiap minggunya, atau bahkan tiap harinya, yang ketika diakumulasi dalam satu bulan, dapat menciptakan kondisi keuangan yang hemat dan tidak terbuang sia-sia.

3. Jangan Lupa Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

“Memaksa” untuk berhemat bukan berarti kita tidak membelanjakan uang yang dimiliki. Untuk mengatasi kondisi keuangan yang kurang baik karena berbelanja, coba bedakan antara kebutuhan dan keinginan saat ini dan kedepannya.

Jangan sampai ketika kita memiliki budget yang sudah mepet, tapi tetap nekat untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Oleh karena itu, coba pikirkan kembali apakah barang yang akan aku beli merupakan kebutuhan atau keinginan. Jika kamu masih baik-baik saja, tandanya kamu belum terlalu membutuhkannya atau sekedar menginginkannya, ya!

4. Manfaatkan Diskon Mahasiswa

Menjadi mahasiswa merupakan sebuah privilege. Disadari atau tidak, banyak kemudahan yang diberikan oleh suatu instansi atau platform bagi customer yang masih menempuh jenjang pendidikan di bangku kuliah.

Banyak diskon yang bisa didapatkan oleh mahasiswa saat hendak menonton hiburan atau menggunakan suatu platform pendidikan. Dengan memanfaatkan diskon tersebut, kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung atau untuk keperluan lainnya, bukan?

5. Mulai Berinvestasi

Melakukan investasi di masa kini sangat cepat dan mudah dilakukan. Bagi mahasiswa, investasi tentu dapat memberikan “jaminan” jika dimulai sejak dini. Tidak perlu takut untuk memulai berinvestasi, karena sekarang investasi sudah bisa dilakukan mulai dari 10 ribu rupiah saja, loh.

Memulai investasi pun kini sangat mudah karena banyak aplikasi yang menyediakan tempat investasi dengan berbagai layanan yang memudahkan dan tentunya aman serta telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Itulah 5 tips menabung bagi mahasiswa khususnya yang sedang berjuang di tanah rantau agar bisa mengelola keuangan dengan baik. Di awal mungkin akan sedikit sulit, namun jika dilakukan dengan kesabaran dan satu per satu serta niat yang kuat, pasti akan ada jalan serta kemudahan. Yuk mulai menabung dan katakan tidak pada masalah keuangan!

*Penulis adalah member Pondok Inspirasi

  • Bagikan