Vaksinasi Kota Malang, 15 Ribu Anak Dibawah 12 Tahun Direstui Orangtua untuk Divaksin

Vaksinasi Kota Malang, 15 Ribu Anak Dibawah 12 Tahun Direstui Orangtua untuk Divaksin

  • Bagikan
Anak di Kota Malang menjalani vaksinasi Covid-19.
Anak di Kota Malang menjalani vaksinasi Covid-19. (Foto: Rubianto)

MALANG, Tugujatim.idVaksinasi di Kota Malang akan menyasar anak usia 6 hingga 11 tahun. Rencana ini dikemukakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. Bahkan, sudah ada 15 ribu anak dibawah usia 12 tahun yang telah direstui oleh orangtuanya untuk divaksin Covid-19.

dr. Husnul Muarif, Kepala Dinkes Kota Malang, mengatakan bahwa vaksinasi anak usia dibawah 12 tahun tersebut harus mendapat izin dari orangtuanya. Adapun data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, siswa dengan usia 6-11 tahun di Kota Malang ada sekitar 90 ribu anak.

“Kami belum dapat data keseluruhan, kalau yang sudah diizinkan orang tua sekitar 15 ribu anak. Itu data siswa usia 6-11 tahun dari Disdikbud yang sudah diajukan,” ujarnya, Selasa (30/11/2021).

Dia melanjutkan bahwa data anak yang mendapat vaksin bukan hanya dari sekolah formal nantinya, tetapi juga akan mendata anak di sekolah informal bahkan yang tidak sekolah, termasuk pesantren.

Kepala Dinkes Kota Malang, dr. Husnul Muarif.
Kepala Dinkes Kota Malang, dr. Husnul Muarif. (Foto: M Sholeh)

Sementara anak usia 6-11 yang belum mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan atau tidak sekolah akan didata melalui RT/RW di Kota Malang.

“Jadi data dari Disdikbud itu adalah anak yang sekolah formal. Di luar itu tentu informal maupun yang belum mendapatkan kesempatan pendidikan yang usianya 6-11 tahun itu juga menjadi sasaran,” jelasnya.

“Tentu yang di luar sekolah itu akan koordinasi dengan RT/RW setempat. Artinya kami akan menjemput bola, jadi semua yang usia 6 sampai 11 tahun harus terdata lengkap dan tervaksin semua,” imbuhnya.

Kini pihaknya tinggal menunggu regulasi dan arahan Kemenkes untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Kota Malang.

“Kami masih menunggu regulasi dan arahannya, kalau sudah keluar kami akan segera koordinasi dengan Disdikbud untuk anak sekolah formal. Kemudian yayasan untuk anak sekolah informal dan yang tidak sekolah ke RT/RW,” tandasnya.

Sebagai informasi, pihaknya juga menjelaskan bahwa capaian vaksinasi masyarakat umum di Kota Malang sudah 98 persen. Sementara vaksinasi lansia telah mencapai 65 persen.

  • Bagikan