Tips  

5 Tips Pendaki Pemula saat Perdana Naik Gunung, Jangan Abaikan!

Pendaki pemula. (Foto:Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi pendaki naik gunung. (Foto:Pexels)

MALANG, Tugujatim.id – Mendaki gunung barangkali menjadi salah satu waiting list Anda saat liburan. Bahkan, saat ini banyak kaum muda tertarik dan gandrung dengan kegiatan ini. Tapi, apa yang perlu Anda siapkan jika jadi pendaki pemula ya?

Konten-konten yang bertebaran di media sosial soal mendaki gunung memang terkesan seru dan menyenangkan. Barangkali dari Anda berasumsi bahwa mendaki gunung adalah suatu hal yang mengasyikkan. Alhasil, mereka terkesan ingin ikut-ikutan mendaki gunung hanya demi kebutuhan konten saja. Padahal, ada beberapa hal yang perlu pendaki pemula tahu sebelum mereka memulai perjalanan pendakian perdananya.

1. Latihan Fisik

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat menguras tenaga. Bagaimana tidak, Anda diharuskan berjalan menanjak dengan kontur tanah yang tidak menentu serta membawa barang-barang dan logistik. Tentu ini akan sangat melelahkan.

Jika tak terbiasa dengan melatih fisik, maka tubuh akan kaget dan cepat lelah sehingga dapat berakibat fatal. Belum lagi cuaca yang tak menentu di gunung. Karena itu, diharuskan minimal melatih fisik sekurang-kurangnya 2 minggu sebelum mendaki gunung.

2. Kuatkan Mental

Tak hanya fisik, mental juga tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Selama di jalur pendakian, Anda pendaki pemula tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dan terkadang banyak hal yang terjadi di luar ekspektasi. Karena itu, kesiapan mental sebelum mendaki perlu untuk diperhatikan. Karena ketika situasi rumit tiba-tiba terjadi, hanya mental yang bisa membuat Anda tetap kokoh.

3. Pakai Jasa Tour Guide

Sebagai pendaki pemula, tentu belum banyak tahu tentang apa saja yang harus dilakukan di sepanjang jalur pendakian sampai puncak hingga turun kembali. Kehadiran tour guide sangat membantu untuk mengarahkan serta menguatkan mental Anda selama mendaki.

4. Lengkapi Peralatan Khusus Mendaki

Wajib hukumnya untuk menggunakan peralatan mendaki yang memadai. Sebagai seorang pemula, tentu tetap harus menggunakan peralatan khusus mendaki, bukan seadanya.

Minimal perlengkapan pribadi seperti sepatu gunung dan carrier. Sangat tidak mungkin untuk menggunakan sneakers biasa dan tas untuk bekerja atau sekolah. Hal ini karena ketangguhannya jauh berbeda.

Sepatu gunung memang dirancang untuk melewati medan berat dan carrier cenderung memiliki volume yang lebih besar serta tangguh untuk menahan beban berat selama mendaki.

5. Berangkat Bersama Rombongan yang Berpengalaman

Lakukan pendakian secara rombongan. Jangan mereka semua adalah pendaki pemula, sangat tidak disarankan, apalagi solo hiking.

Sebagai pendaki pemula, Anda sebaiknya mengajak teman yang memang sudah berpengalaman di dunia pendakian atau setidaknya pernah mendaki di gunung yang akan dituju. Tujuannya sama dengan dengan poin ketiga, yaitu menggunakan jasa tour guide. Jika Anda tidak ingin menyewa tour guide, minimal lakukan langkah terakhir ini.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim