6 Destinasi Wisata Pantai di Tuban yang Patut Dikunjungi

  • Bagikan
Pantai Remen atau Pantai Pasir Putih di Tuban merupakan salah satu rekomendasi destinasi wisata pantai yang patut Anda kunjungi. (Foto: Dokumen/Pemkab Tuban)
Pantai Remen atau Pantai Pasir Putih di Tuban merupakan salah satu rekomendasi destinasi wisata pantai yang patut Anda kunjungi. (Foto: Disparbudpora/Pemkab Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Kabupaten Tuban merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang dilintasi jalur Deandles ini, sepanjang 65 KM jalannya mengahadap ke pantai utara Laut Jawa.

Tak ayal, pastinya pemandangan laut tersebut memanjakan mata bagi pengendara yang melawati kabupaten berjuluk Bumi Wali ini. Ada beberapa destinasi wisata pantai yang wajib Anda kunjungi di Tuban. Berikut adalah 6 wisata pantai di Tuban yang kami sajikan untuk menjadi referensi Anda bila tengah mengisi waktu senggang atau menikmati libur hari raya di Tuban.

1. Pantai Sowan

Pantai Sowan memiliki areal yang luas dan dikelola oleh Perhutani Tuban. Terletak di Dusun Bogoran, Desa Bogorejo Kecamatan Bancar. Keunikan pantai ini adalah luasnya area yang ditumbuhi berbagai jenis pohon. Wisatawan yang bermain di pantai ini akan merasa lebih teduh akibat lindungan pepohonan yang berukuran besar.

Pohon yang tumbuh bermacam-macam jenis. Mulai dari pohon trembesi, klampis hingga mahoni. Ada juga pohon tapis yang menghasilkan buah seperti asam. Pohon-pohon tersebut sangat membantu dalam menghijaukan pemandangan di pantai ini.

Harga tiket Masuk Pantai Sowan

Harga tiket masuk ke area wisata pantai ini bisa dibilang terjangkau. Hanya memang bagi wisatawan yang datang akhir pekan harganya sedikit lebih mahal dari hari biasa.

2. Pantai Semilir

Lokasi Wisata Pantai Semilir tidak jauh dari Pantai Pasir Putih Remen Tuban. Berada di sebelah barat Pantai Remen. Untuk menjangkau lokasi sangat mudah di cari karena lewat jalan sepanjang jalan pantura arah ke pelabuhan Semen Gresik Tuban. Kalau sudah ketemu KIT/ Kawasan Industri Tuban lurus saja kebarat. Lokasinya di timur Pelabuhan Semen Gresik ±200 m . Sudah ada papan penunjuk berupa banner di sebelah utara dengan tulisan ‘Pantai Semilir’.

Wisata semilir saat ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Maju Mandiri Sejahter Desa Socorejo. Pantai ini masih dalam tahap proses pembangunan, masih ada beberapa fasilitas yang perlu ditambah untuk menunjang kenyamanan pengunjung yang akan berwisata di wisata ini kelak.

Keindahan Pantai Semilir

Seperti halnya dengan wisata laut di Kabupaten Tuban lainnya, mempunyai ciri khas pantai tuban yakni adanya hutan cemara yang rimbun di sepanjang tepi pantai yang begitu indah dan menambah eksotis.

Selain hutan cemara yang berada di tepi pantai, yang menjadikan unik daripada pantai yang lain adalah lokasinya yang berada di dekat pelabuhan Semen Indonesia serta kejernihan air yang berwarna hijau dan bersih.

Tiket Masuk Pantai Semilir

Tidak perlu sudah dan bimbang saat masuk di wisata yang konon orang banyak mengatakan Karimun Jawa 2. Cukup hanya dengan membayar parkir kendaraan saja, Anda bisa masuk dan menikmati paromana wisata pantai ini

3. Pantai Remen Pasir Putih

Pantai Remen menawarkan pesona pantai pasir putih di jalur pantai utara. Pantai ini berlokasi di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Hamparan pasir putih yang melingkar menjorok ke laut memberi keunikan tersendiri dari pantai ini.

Pantai Remen merupakan tempat wisata yang terhitung masih baru di Tuban, karena baru diresmikan pada tahun 2015 lalu. Pantai ini masih masih bersih dan alami karena dijaga dan dikelola secara mandiri oleh warga setempat.

Bagi para pecinta foto, pantai ini sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai salah satu spot foto terbaik yang wajib anda kunjungi, bagi anda yang sedang berkunjung di pantai pasir putih jangan lupa untuk mengicipi rujak khas Tuban ada pula air kelapa asli sebagai pendampingnya.

Selain menawarkan keindahan alam, ada beberapa hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Remen. Berikut daftar kesenangan yang bisa Anda lakukan di Pantai ini:

Keindahan Pantai Remen

Pantai Remen memiliki pasir putih yang sangat indah sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Anda dapat menemani putra putri Anda berkreasi membuat istana pasir. Hal ini tentunya menambah kegembiraan liburan keluarga Anda. Ketika mengunjungi Pantai Remen, Anda akan menemukan sejenis telaga atau danau kecil di area Pantai. Telaga ini memiliki arus yang tenang sehingga aman untuk berenang, bahkan untuk anak-anak.

Setelah puas berenang, tentunya Anda merasa letih dan lapar. Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal karena terdapat banyak rumah makan yang menyediakan berbagai olahan hidangan laut.

Memancing bisa menjadi salah satu cara untuk menikmati Pantai Remen. Beberapa penduduk lokal memang terkadang melakukan kegiatan ini di area Pantai, terutama di area sekitar pohon cemara. Anda pun dapat melakukan hal yang sama untuk mengisi waktu di Pantai ini.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Biaya tiket kurang lebih Rp 10.000,- / orang. Mobilnya boleh masuk sampai ke dekat pantai.

4. Pantai Cemara

Wisata pantai memang paling asik untuk merefresh otak. Sejauh mata memandang terlihat hamparan pasir dan air laut yang luas sehinga menyegarkan mata. Apalagi ditambah angin sepo-sepoi bikin santai di pantai lebih yahuud. Ditemani keluarga dan bermain pasir bersama buah hati malah bisa bikin hati adem. Pantai Cemara Tuban bisa menjadi salah satu destinasi wisata bagi yang kebetulan lagi lewat Tuban atau tujuan utama mengeksplore wisata di Tuban.

Lokasi Pantai Cemara Tuban berada di Jalan Tuban – Semarang masih masuk Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Kalau dari Terminal lama atau sekarang rest area Tuban berjalan ke barat. Kalau ada pohon cemara yang banyak, yup disitu tempatnya. Kalau dari Semarang, Pati, Rembang setelah Masjid Beji Jenu sekitaran Terminal Tuban. Pantainya rame pengunjung baik muda mudi, satu keluarga maupun rombongan.

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara

Tiket masuk Pantai Cemara Tuban Rp 2.000 motor dan mobil langsung dibawa masuk. Itu sudah sekalian parkirnya. Ada beberapa persewaan ATV dan Perahu sebagai pendukung wisata ini. Lumayan bisa refreshing sambil uji nyali.

Kekurangan dari Pantai Cemara Tuban adalah pantai yang banyak sampah, kotor, airnya butek/keruh. Ini menjadi ciri khas pantura Tuban karena dangkal.

Secara umum masih enak buat refreshing, apalagi harga tiketnya murah. Oh iya disini juga tersedia kamar mandi, kamar bilas namun tidak tersedia musala. Ada juga warung-warung yang harganya masih normal, ada ikan panggang yang bisa dijadikan oleh-oleh khas pesisir pantai.

5. Pantai Boom

Pantai Boom Tuban merupakan salah satu destinasi wisata pantai di tuban, lokasi yang strategis menjadi nilai tambah pada pantai ini terletak di sebelah utara alun-alun sekalugus berdekatan dengan masjid agung. pantai boom tuban memiliki daratan/dermaga yang menjorok ke laut sekitar 800 Meter, di Pantai ini juga terdapat 2 sumur yang di bangun dengan bangunan berarstitektur Jawa yang uniknya mengeluarkan air tawar. Di dinding bangunan sumur ini ada prasasti yang menceritakan sejarah pantai Boom. Pantai ini dulunya adalah pelabuhan di zaman Kerajaan Majapahit. Pantai dengan pemandangan yang cantik, di tambah suasana pantai yang menenangkan sangat cocok untuk merefres pikiran anda akan jenuhnya beraktivitas setiap harinya.

Selain menikmati pemandangan di sini anda juga bisa memancing, melihat sunset dan sunrise serta berlayar di pantai menggunakan perahu nelayan. Jika anda lelah berjalan kaki untuk mengelilingi Pantai Boom, tenanag saja karena anda dapat mengelilinginya dengan naik Gowes atau Odong-odong.

Berbicara mengenai keindahan, ada banyak sekali yang bisa dikupas dan dibedah disini. salah satunya adalah tempat belajar yang baik. Seperti kita ketahui bersama. Ada jejak sejarah tercipta disini. jejak inilah yang akan dipelajari oleh sebagian wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini.

Menikmati kawasan ini bisa dengan berbagai macam. Salah satunya adalah dengan duduk di gazebo-gazebo yang sudah disesdiakan. Berada disini, hati menjadi tenang, teduh dan juga damai. Apalagi, saat berkunjung kesini ditemani dengan orang-orang yang dicintai. Rasanya pasti berlipat-lipat.

6. Pantai Kelapa

Pantai Kelapa Tuban beralamat di Jl. Raya Gresik No.KM.1, Kepoh, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lokasi pantai kelapa Tuban ini tidak terlalu sulit ditemukan. Lokasi nya terletak 5 km dari pusat kota menuju arah timur serta 300 meter ke sisi Utara Jalan Raya.

Pantai Kelapa Tuban memiliki hamparan pasir putih yang mempesona. Pantai ini resmi jadi objek wisata sejak tahun 2015. Jadi wisata ini masih tergolong baru. Waktu paling tepat berkunjung ke tempat ini adalah pagi dan sore hari.

Tempat wisata ini diberi nama pantai kelapa karena memang di lokasi wisata ini tumbuh subur berbagai jenis pohon kelapa dengan berbagai bentuk dan ukuran. Wisata pantai kelapa tuban pantai sanurnya kabupaten tuban.

Setelah mengalami penataan sebagai objek wisata, kini pengunjung bisa menjumpai sarana baru yang sanagt keren. Jembatan dek panggung kini menambah daya tarik pantai ini yang dulunya hanya terdapat pasir putih dan pepohonan kelapa saja.

Pada saat berada di area pantai kelapa pengunjung kan langsung merasakan sejuknya udara yang membuat fikiran segar. Hal ini dikarenakan pepohonan kelapa yang ada di pantai ini sangatlah lebat dan juga rindang. Maka dari itu kawasan wisata pantai kelapa bisa dijadikan tujuan wisata yang cocok untuk menyegarkan kembali badan dan fikiran.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai Kelapa Tuban, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda dua, akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000.

Nah, sekarang tinggal sikap dari diri sendiri yang menjaga kebersihan dan tertib saat berkunjung ke tempat wisata ya.

  • Bagikan