6 Makanan Khas Imlek yang Dipercaya Bawa Banyak Keberuntungan

  • Bagikan
Ilustrasi makanan khas tahun baru Imlek yang dipercaya bawa banyak keberuntungan. (Foto: Pexels) tugu jatim
Ilustrasi makanan khas tahun baru Imlek yang dipercaya bawa banyak keberuntungan. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Tahun baru China biasanya selalu dirayakan meriah oleh masyarakat Tionghoa, namun karena adanya panemi COVID-19 ini, beberapa tempat perayaan Imlek banyak yang ditutup untuk pengunjung.

Namun kamu masih bisa merayakannya bersama dengan keluarga di rumah. Kamu bisa membuat makanan khas Imlek yang kemudian disantap bersama  dengan keluarga.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Biasanya makanan khas Imlek yang disediakan tak hanya enak, masyarakat Tionghoa juga meyakini adanya filosofi tersendiri di dalamnya. Makanan tersebut pun dianggap sebagai simbol harapan dan doa agar di tahun yang baru, seluruh anggota keluarga dilimpahi kesehatan dan keberuntungan.

Apa saja makanan khas Imlek yang diyakini bisa membawa keberuntungan? Yuk simak penjelasan berikut ini

1. Kue Keranjang

Kue ini biasa disebut dengan Nian Gao yang berarti kue tahunan, karena dibuatnya sanya setahun sekali ketika jelang Tahun Baru Imlek. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Kue ini juga memiliki filosofi, sesuai dengan bentuknya yang bulat, masyarakat Tionghoa berharap dapat terus bersatu dengan keluarganya seperti bulatan kue.

2. Siu mie

Siu mie adalah mi goreng yang dijasikan tanpa dipotong-potong, yang diharapkan dapat umur yang panjang bagi si pemakanan mie ini. Selain itu diharapkan dapat memberi kebahagiaan serta limpahan rejeki. Sebagian warga Tionghoa menyebutnya Mie Panjang Umur atau Changsshou Mian

Cara makannya pun unik, mi dimakan secara utuh tanpa digigit, sebab jika terputus memiliki makna yang tidak baik. Mi baru boleh digigit dan dikunyah setelah semua bagiannya sudah ada di dalam mulut.

3. Jeruk Mandarin

Jeruk Santang atau jeruk mandarin adalah hidangan wajib di hari raya masyarakat Tionghoa. Jeruk mandarin dilambangkan rezeki yang berlimpah ruah. Biasanya jeruk yang menjadi sajian khas saat Imlek masih memiliki tangkai dan daunnya. Jeruk utuh melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan yang akan selalu tumbuh.

4. Ikan Bandeng

Ikan bandeng dilambangkan sebagai pelicin bisnis, artinya ikan bandeng ini diyakini dapat melancarkan rejeki dan keberuntungan terus menerus.

5. Lapis Legit

Sesuai nama dan bentuknya, memakan lapis legit diharapkan bisa memperoleh keberuntungan dan rezeki yang berlapis-lapis. Kui ini dilambangkan sebagai pembawa keberuntungan.

Lapis legit tergolong salah satu jenis kue yang mewah karena memerlukan proses yang panjang serta butuh ketekunan dalam pembuatannya.

6. Jiaozi

Jiaozi ini mirip dengan dim sum. Makanan ini adalah salah satu jenis dumpling yang berisi daging cincang dan sayuran yang dicincang dan dibungkus lembaran tepung terigu.

Makanan ini disajikan dengan harapan dapat mendatangkan limpahan rejeki dan kerukunan di dalam keluarga. (Mila Arinda/gg)

  • Bagikan