6 Manfaat Daun Kentut - Tugujatim.id

6 Manfaat Daun Kentut

  • Bagikan
Banyak manfaat dari daun kentut. (Foto: Github/Tugu Jatim)
Banyak manfaat dari daun kentut. (Foto: Github/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Tahukah Anda dengan daun kentut? Ataukah Anda langsung berpikir apakah daunnya bisa kentut ya kok namanya seperti itu. Ya, barangkali sebutan daun kentut ini masih kurang familier di telinga kita.

Tapi, daun kentut atau yang lebih dikenal dengan sebutan simbukan ini ternyata mempunyai banyak manfaat lho. Tumbuhan yang sering kita jumpai tumbuh merambat di pekarangan rumah ini bisa sangat bermanfaat bila tahu cara mengolahnya.

Selain itu, daun kentut ini juga memiliki beberapa sebutan yang berbeda di beberapa daerah. Ada yang menyebutnya sebagai bintaos (Madura), kahitutan (Sunda), kasembukan/sembukan (Jawa dan Sumatera), dan gumi siki (Ternate).

Nah, kali ini Tugu Jatim telah merangkum 6 manfaat dari daun kentut, simak ya…

1. Mengobati Masuk Angin. Salah satu manfaat daun kentut bisa mengobati masuk angin.

Anda bisa menggunakannya dengan cara membuat daun layu di atas api, kemudian ditempelkan pada perut selama beberapa menit. Bisa dicoba langsung ya gaes…

2. Mengatasi Cacar Air. Siapa yang pernah terkena cacar air dan menggunakan daun ini agar sembuh? Cara menggunakannya cukup mudah. Tumbuk hingga halus daun kentut yang sudah dicuci bersih. Tambahkan air dan garam secukupnya sampai bertekstur seperti bubur. Kemudian, daun dibalurkan ke setiap titik cacar air pada tubuh atau bisa dibalurkan ke semua bagian tubuh. Semoga cepat sembuh ya memakai cara tradisional ini…

3. Mengatasi Rematik. Jika kamu atau orang terdekat memiliki masalah rematik, coba berikan resep daun kentut yang bermanfaat dalam mengobati rematik.

4. Cegah Infeksi Luar. Jika kulit Anda terluka karena goresan tajam, memar, gigitan serangga dan binatang berbisa, tindakan pertolongan pertama Anda bisa menggunakan daun kentut sebagai obatnya. Caranya cukup daun dihaluskan, lalu ditempelkan pada luka.

5. Obat Cacing. Senyawa fitokimia yang dikenal sebagai embelin ini memiliki kemampuan untuk membasmi cacing parasit di usus. Efeknya bukan mengeluarkan cacing secara keseluruhan, tetap cara kerjanya mematikan cacing beserta telurnya, kemudian diproses oleh cairan asam dan dikeluarkan dalam bentuk feses.

6. Mengatasi Jerawat. Untuk remaja solusi ini cocok banget. Jerawat membandel yang tidak kunjung hilang, juga dapat diobati dengan daun kentut berkat bantuan senyawa apederoside dan asam ursolat. Selain itu, kedua senyawa ini biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk kosmetik alami seperti bubuk, pelembab, dan lain-lainnya. (Agus Setiawan/ln)

  • Bagikan