6 Pantai Malang Selatan Ditutup Sementara Jelang Lebaran 2022 - Tugujatim.id

6 Pantai Malang Selatan Ditutup Sementara Jelang Lebaran 2022

  • Bagikan
Pantai Malang Selatan. (Foto: Aisyah Nawangsari/Tugu Malang)
Pantai Tiga Warna di Kabupaten Malang. (Foto: Aisyah Nawangsari/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Jelang Lebaran 2022, pengelola 6 pantai Malang Selatan, tepatnya yang berada di kawasan Clungup Mangrove Conservation Tiga Warna (CMC Tiga Warna), Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, ini untuk sementara tak menerima pengunjung. Sebanyak 6 pantai itu adalah Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Sapana, Pantai Mini, Pantai Batu Pecah, dan Pantai Tiga Warna.

Penutupan pantai Malang Selatan ini akan dilakukan pada 29 April-8 Mei 2022. Tapi, kawasan ini juga ditutup setiap Kamis sehingga pada 28 April 2022, CMC Tiga Warna sudah tidak menerima pengunjung.

“Setiap Kamis kami memang tutup, jadi mulai besok (28/04/2022) kami sudah tidak buka,” ujar Pemandu CMC Tiga Warna Hermansyah saat ditemui pada Rabu (27/04/2022).

Dia kemudian menjelaskan setiap Kamis, mereka melakukan kerja bakti untuk membersihkan kawasan tersebut agar tetap asri. Lalu untuk penutupan saat libur Lebaran, Hermansyah mengatakan, itu bertujuan untuk pemulihan ekosistem di pantai.

Pantai Malang Selatan. (Foto: Oky/Tugu Jatim)
Ilustrasi grafis. (Foto: Oky/Tugu Jatim)

CMC Tiga Warna yang dikelola oleh Yayasan Bhakti Alam Sendang Biru ini merupakan kawasan konservasi alam sehingga kelestariannya sangat diutamakan.

Selain itu, penutupan ini juga bertujuan untuk memberi kesempatan bagi penjaga yang beragama muslim untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

Penutupan ini rutin dilakukan setiap tahun. Enam pantai Malang Selatan tersebut juga tidak dapat dikunjungi saat libur Natal dan Tahun Baru. Tujuannya agar penjaga yang beragama Nasrani bisa merayakannya bersama keluarga.

“Kami di sini ada yang Nasrani dan ada yang muslim. Jadi saat libur hari raya, kami bergantian jaga,” imbuh Hermansyah.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan