6 Rekomendasi Makanan yang Bisa Tingkatkan Energi Tubuh

  • Bagikan
Ilustrasi makanan yang dapat meningkatkan energi. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Ilustrasi makanan yang dapat meningkatkan energi. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Umumnya lelah terjadi setelah beraktivitas secara seharian, tetapi banyak juga orang yang merasa lelah pada saat siang hari. Hal tersebut dapat diakibatkan karena adanya kekurangan energi. Salah satu faktor yang dapat menentukan kurangnya energi adalah jumlah makanan yang Anda makan. Ketika Anda kekurangan energi, hal tersebut akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari dan membuat Anda menjadi kurang produktif.

Dilansir dari Healthline meskipun semua makanan memberi energi, tetapi ada beberapa makanan dan minuman mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan energi Anda. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

1. Pisang

Buah berkulit kuning ini kerap dikonsumsi sehari-hari oleh sebagian masyarakat. Pisang menjadi salah satu makanan terbaik untuk membantu meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan pisang merupakan sumber karbohidrat kompleks, potasium, dan vitamin B6 yang sangat baik. Kandungan-kandungan yang terdapat pada pisang mampu meningkatkan energi Anda.

2. Ikan berlemak

Salmon dan tuna adalah contoh ikan berlemak yang menjadi sumber protein, asam lemak, dan vitamin B yang baik sehingga dapat dijadikan sebagai makanan untuk diet Anda. Jumlah asam lemak omega-3 dan vitamin B12 dalam satu porsi salmon atau tuna, direkomendasikan setiap hari. Hal ini dikarenakan asam lemak omega-3 telah terbukti mengurangi peredangan yang merupakan penyebab umum kelelahan.

3. Kopi

Kopi kaya akan kafein yang dapat dengan cepat berpindah dari aliran darah ke otak Anda dan menghambat aktivitas adenosin, neurotansmitter sehingga menenangkan sistem saraf pusat. Hal ini mengakibatkan produksi epinefin, horon yang merangsang tubuh dan otak meningkat. Meskipun satu cangkir hanya dua kalori, tetapi efek stimulasinya mampu membuat Anda merasa waspada dan fokus. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein atau sekitar 4 cangkir kopi perhari.

4. Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang gampang ditemui dan diolah. Telur dikemas dengan protein yang mampu memberi Anda sumber energi yang stabil dan berkelanjutan. Selain itu, di dalam telur terdapat leusin atau asam amino yang paling berlimpah dan dikenal untuk merangsang produksi energi dalam beberapa cara. Tidak hanya itu, leusin dapat membantu sel untuk mengambil lebih banyak gula darah dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi. Telur juga kaya akan vitamin B, yang berfungsi membantu enzim melakukan perannya dalam proses pemecahan makanan untuk energi.

5. Apel

Apel adalah salah satu buah paling populer di dunia yang merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik. Sebuah apel berukuran sedang (100 gram) mengandung sekitar 14 gram karbohidrat, 10 gram gula, dan 2,1 gram serat. Apel dapat memberikan pelepasan energi yang lambat dan berkelanjutan dikarenakan kandungan gula dan serat alaminya yang kaya. Selain itu, apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Penelitian menyatakan bahwa antioksidan dapat memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga melepaskan energi dalam jangka waktu yang lebih lama. Makan apel yang utuh sangat disarankan untuk menuai manfaat serat yang ada di kulitnya.

6. Air

Salah satu kebutuhan sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah air. Air sangat penting untuk kehidupan tidak hanya bagi manusia saja, hewan dan tumbuhan juga memerlukan air. Minum air putih dapat memberi dorongan energi dan membantu melawan perasaan lelah. Kurangnya konsumsi air dapat menyebabkan dehidrasi sehingga memperlambat fungsi tubuh serta membuat Anda merasa lesu dan lelah. Hal yang diperlu diperhatikan adalah usahakan untuk minum air putih secara teratur sepanjang hari meskipun Anda tidak haus sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi.

Saat merasa sering lelah, cobalah makanan dan minuman di atas untuk menambah energi Anda. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan