6 Soft Skills yang Wajib Dimiliki di Era 5.0

6 Soft Skills yang Wajib Dimiliki di Era 5.0

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang miliki banyak soft skills/tugu jatim
Ilustrasi seseorang miliki banyak soft skills. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Era masyarakat 5.0 membuat beragam aspek kehidupan berubah drastis. Teknologi menjadi poin kunci. Seiring dengan itu, soft skills manusia turut berevolusi mengikuti perkembangan zaman.

Untuk itu, agar survive di zaman demikian perlu kemampuan baru yang harus dikuasai agar dapat bersaing, terutama di dunia kerja. Berikut beberapa soft skills perlu Anda miliki di era 5.0 ini.

1. Complex Problem Solving

Problem solving merupakan salah satu soft skill yang digunakan untuk memecahkan sebuah masalah. Kemampuan ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang pada posisi pekerjaan apapun. Sejatinya masalah dalam dunia kerja sering kali datang dan pergi.

2. Critical Thinking

Kemampuan berpikir kritis juga merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap individu. Biasanya, bekal ini dapat mendukung  pemecahan masalah agar dapat terselesaikan dengan baik. Critical thinking akan terus terasah seiring dengan banyaknya masalah yang dihadapi dan dapat kita selesaikan dengan baik.

3. People Management

Kemampuan dalam memanajemen atau mengorganisir seseorang menjadi salah satu skil penting untuk dapat menciptakan efisiensi kerja. Dengan pengaturan manajemen yang sesuai maka segala hal akan tertata dengan lebih baik.

4. Emotinal Intelligence

Kecerdasan emosional yang dimaksud adalah kemampuan untuk dapat memahami emosi yang sedang dirasakan diri sendiri maupun orang lain. Kemampuan ini dapat berguna untuk dapat mengatasi tekanan pekerjaan yang seseorang alami serta membangun komunikasi yang efektif antar individu.

5. Decision Making

Kehidupan selalu mengarahkan kita pada sebuah pilihan, kemampuan dalam mengambil keputusan yang baik tentu saja diperlukan. Kemampuan ini dapat didukung dengan kemampuan lainnya seperti emotional intelligence sehingga keputusan yang diambil tidak dicampuri dengan emosi yang sesaat, melaikan keputusan yang tepat dan bermanfaat di masa mendatang.

6. Cognitive Flexibility

Memiliki pikiran yang terbuka dan fleksibel juga sangat dibutuhkan terutama dalam beradaptasi dengan situasi yang sulit. Dengan kemampuan ini, setiap individu dapat lebih berempati dan menerima pandangan orang lain dari perspektif yang berbeda.

Nah itulah  6 soft skills yang wajib dimiliki pada era masyarakat 5.0. Jadi, soft skills apa saja yang sudah Anda kuasai?

  • Bagikan