Vaksinasi Belum Capai Target, Kota Malang Kembali Terapkan PPKM Level 3 - Tugujatim.id

Vaksinasi Belum Capai Target, Kota Malang Kembali Terapkan PPKM Level 3

  • Bagikan
Penerapan PPKM di tingkat RW di Kota Malang. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Penerapan PPKM di tingkat RW di Kota Malang. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Meski Kota Malang sudah mengantongi asesmen Kementerian Kesehatan untuk menerapkan PPKM Level 2, namun hal tersebut sepertinya tak bisa serta merta diterapkan. Sebab, mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negero (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021 yang terbit Selasa (21/9/2021) kemarin, Kota Malang masih harus memperpanjang PPKM Level 3. Salah satunya yakni faktor capaian vaksinasi yang masih kurang.

Dua versi status PPKM di Kota Malang tentu membuat banyak pertanyaan di mata publik. Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif menjelaskan bahwa penetapan PPKM dari Kemenkes didasarkan dari 6 indikator. Di antaranya, kasus konfirmasi, jumlah rawat inap, tingkat tracing, angka kematian, positivity rate dan tingkat keterisian rumah sakit.

“Kalau Inmendagri itu terkait penanganan Covid-19 yaitu 6 indikator itu ditambah indikator capaian vaksinasi minimal 70 persen dan capaian vaksinasi lansia minimal 60 persen,” jelasnya.

Kota Malang Belum Capai Target Vaksinasi

Penerapan PPKM di tingkat RW di Kota Malang. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Penerapan PPKM di tingkat RW di Kota Malang. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Disebutkan, capaian vaksinasi dosis 1 di Kota Malang saat ini sudah mencapai 70 persen lebih. Namun dosis 2 masih 48 persen. Sedangkan, vaksinasi lansia masih mencapai 40 persen.

Hal itulah yang membuat Kota Malang masih dinilai belum mencapai target minimal dari indikator yang ditetapkan Inmendagri. Sehingga Kota Malang masuk dalam PPKM Level 3.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Nur Widianto menjelaskan bahwa perkembangan Covid-19 di Kota Malang sudah masuk dalam zona kuning. Sehingga Indikator assesment Kemenkes menetapkan Kota Malang pada level 2.

“Sementara untuk penentuan level PPKM itu kewenangannya ada di pemerintah pusat. Tentu kami menyesuaikan, yang secara formal, aturannya tertuang dalam Inmendagri. Tentu pedoman kita adalah Inmendagri,” jelasnya.

Pihaknya juga mengakui bahwa capaian vaksinasi di Kota Malang masih berada di bawah target untuk memenuhi indikator level PPKM dari Inmendagri. Untuk itu, Kota Malang akan terus melakukan percepatan vaksinasi terutama bagi lansia.

“Sekarang lebih pada percepatan untuk vaksinasi. Tentu sampai menggapai target minimal 70 persen. Makanya kita juga berpacu juga, artinya gak sebatas mengejar 70 persen saja tapi masyarakat kita semuanya tercakup dalam layanan vaksinasi,” paparnya.

  • Bagikan