6 Tip Optimal saat Online Interview

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang sedang online interview. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi seseorang sedang online interview. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Saat ini hampir semua kegiatan beralih ke aktivitas online karena adanya pandemi Covid-19, termasuk soal interview. Banyak sekali perusahaan atau organisasi hingga komunitas yang melakukan interview secara online. Tentu saja para pelamar harus mempersiapkan diri agar tampil optimal saat online interview.

Berikut ini Tugu Jatim memberikan beberapa tip yang bisa Anda lakukan saat online interview agar maksimal:

1. Kamera

Jika kamera pada laptop Anda sudah memiliki kualitas yang baik, cukup gunakan kamera tersebut. Tapi, jika ingin maksimal, Anda dapat membeli webcam agar hasilnya lebih jernih. Pastikan kamera tepat mengarah dan sejajarkan dengan mata Anda agar recruiter dapat melihat wajah Anda dengan baik.

2. Audio

Selain kualitas video, Anda juga perlu memperhatikan kualitas audio. Agar saat menjawab pertanyaan, suara Anda terdengar jelas oleh recruiter. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan mikrofon eksternal. Disarankan juga untuk menggunakan headset agar suara yang dihasilkan lebih jernih.

3. Wajah dan Rambut

Pastikan untuk mencuci muka terlebih dahulu agar Anda terlihat segar dan siap mengikuti interview. Bagi perempuan dapat menggunakan make-up secukupnya agar tidak terkesan berlebihan. Anda juga bisa menata rambut serapih mungkin agar terlihat lebih profesional di depan recruiter.

4. Pencahayaan

Carilah pencahayaan yang alami agar penampilan Anda terlihat semakin baik. Namun, jika wawancara terjadwal pada malam hari, Anda bisa menggunakan ring light untuk mendapatkan pencahayaan yang baik.

5. Pakaian

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pakaian yang Anda kenakan, terutama pakaian atasan. Jika tidak ada persyaratan pakaian, sebaiknya Anda menggunakan kemeja dengan warna netral agar terlihat lebih rapih dan terkesan profesional.

6. Latar Belakang

Pilihlah latar belakang yang polos seperti dinding rumah. Pastikan juga warna yang nyaman dilihat oleh mata, hindari dinding rumah yang berwarna terang seperti kuning atau hijau.

Nah, itulah beberapa tip yang bisa Anda (para pelamar) ikuti jika akan melakukan online interview. Meski dilakukan secara online, tapi Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal agar dapat tampil maksimal. Semoga bermanfaat! (Ifa Nadhifah/ln)

 

  • Bagikan