Anak Muda Mendominasi 432 Penderita HIV/AIDS di Kota Malang

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Kota Malang mencatatkan ada 432 penderita HIV/AIDS hingga saat ini. Dari jumlah itu, sekitar 284 orang didominasi kelompok usia muda dengan rentang usia antara 25-49 tahun.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni memaparkan data itu. Selain itu, Ayu juga mengatakan bahwa penderita di usia 20-24 tahun itu ada 63 orang.

“Disusul penderita dengan usia di atas 50 tahun sebanyak 60 orang,” terang Ayu.

Dia menambahkan, penderita HIV/AIDS di bawah umur, yakni rentang usia 4 tahun ada 10 orang, usia 5-14 tahun (6 orang), dan usia 5-19 tahun (9 orang).

Sehubungan dengan fenomena ini, Ayu mengatakan, perlu langkah preventif lebih ketat yang dilakukan. Tak hanya pemerintah, tapi juga dari masyarakat soal kesadaran akan bahaya HIV/AIDS hingga narkoba.

Berbagai upaya dan sosialisasi dilakukan pihak disporapar, khususnya kepada pemuda di Kota Malang. Harapannya, ada kesadaran yang terbentuk secara kolektif di rekan seusianya.

Selain itu, pihaknya juga akan membina dengan mendata warga usia muda melalui aplikasi yang dirancang oleh Disporapar Kota Malang.

“Kami sudah membuat aplikasi yang memuat data pemuda, organisasi kepemudaan, kegiatan-kegiatan di bidang kepemudaan, dan potensi-potensi pemuda lainnya. Jadi, dengan aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk mengakses potensi pemuda,” katanya. (azm/ln)`

  • Bagikan